Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Pasar Cisaat Sukabumi

Kamis, 26 Maret 2020 - 16:26 WIB
Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Pasar Cisaat Sukabumi
Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Pasar Cisaat Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPK-UKM) Kabupaten Sukabumi melaksanakan penyemprotan disinfektan di area Pasar Cisaat, Sukabumi, Kamis (26/3/2020).

Kegiatan ini sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang sosialisasi kepada warga pasar terkait upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang Sarpras Distribusi Perdagangan pada DPK-UKM Kabupaten Sukabumi, Yat Hidayat mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari Instruksi Bupati nomor 12 tahun 2020 tentang upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran corona virus disease (Covid-19) melalui disinfeksi atau dekontaminasi.

"Kali ini kami bersama dinas kesehatan melakukan sosialisasi edukasi berupa selebaran kepada warga pasar berkenaan kampanye bersama serentak serta imbauan dalam mencegah penularan Covid-19," kata Yat, Kamis (26/3).

BACA JUGA : Akses Masuk ke Sukabumi Akan Diperketat, Marwan : Saya Sudah Minta Kapolres untuk Menahan Semua Orang Masuk Sukabumi Perhari Ini

Terkait penyemprotan disinfektan, Yat meminta kegiatan sterilisasi ini dapat dilakukan secara berkala dan berkelanjutan.

"Sehubungan keterbatasan tenaga dan bahan disinfektan untuk penyemprotan, maka petugas unit pasar ditekankan agar berkelanjutan dan terus mensosialisasikan kembali untuk tetap melakukan penyemprotan ulang secara mandiri disekitar kios atau los.

"Untuk bahan (cairan disinfektan) bisa dibuat sendiri oleh warga pedagang melalui buku panduan tata cara pembuatan cairan disinfektan yang telah disebar," jelasnya.

Yat berharap, upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 yang telah dilaksanakan ini bisa membuat warga pasar lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Bila semua upaya itu sudah dilakukan atas dasar kesadaran, maka diyakini bisa meminimalisir dan semoga kita terbebas dari bahaya penyebaran virus ini." tandasnya.(*)