Masih Tunggu Instruksi, BLK Kabupaten Sukabumi Tidak Liburkan Pelatihan Kerja

Senin, 16 Maret 2020 - 15:06 WIB
Masih Tunggu Instruksi, BLK Kabupaten Sukabumi Tidak Liburkan Pelatihan Kerja
Masih Tunggu Instruksi, BLK Kabupaten Sukabumi Tidak Liburkan Pelatihan Kerja

TatarSukabumi.ID - Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sukabumi kembali menggelar pelatihan kerja berbasis kompetensi dalam program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas (PKTKP) tahun 2020.

Pelatihan kerja berbasis kompetensi yang diinisiasi BLK Kabupaten Sukabumi dilaksanakan di kawasan perkantoran Dinas BKPSDM, jalan Kadupugur Kecamatan Cicantayan di tahun 2020 ini diikuti oleh setidaknya 112 peserta dengan 26 paket (kejuruan) pelatihan.

Dengan adanya isu virus Korona saat ini, untuk sementara waktu hingga 2 minggu ke depan siswa tidak mengikuti kegiatan di Sekolah, hanya melaksanakan kegiatan belajar di rumah (Sekolah diliburkan).

Ketetapan ini dilaksanakan sesuai dengan keputusan Gubernur Jawa Barat, Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta surat ketua BSNP Jawa Barat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 pada satuan pendidikan di Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Pencegahan Penyebaran Korona Mulai Besok Sekolah di Kabupaten Sukabumi Diliburkan

Berbeda dengan Dinas Pendidikan, Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi, Ridwan Agus Mulyawan, kepada TatarSukabumi.ID menyatakan  saat ini BLK Kabupaten Sukabumi masih belum dapat memastikan apakah akan menutup (meliburkan) sementara program tersebut.

"Untuk hal tersebut (libur) kami masih menunggu info dari lembaga pembina  akan keberlangsungan pelaksanaan PBK," ungkap Ridwan, Senin (16/3/2020).

Meski belum dapat memutuskan apakah nantinya pelatihan kerja ini akan dilanjut atau dilakukan reschedule, sejumlah upaya telah dilakukan BLK Kabupaten Sukabumi sebagai upaya preventif penyebaran virus Korona.

"Guna mengantisipasi hal yang tidak harapkan oleh semua pihak, saat ini kami melakukan beberapa langkah preventif bagi peserta PBK dalam menyikapi kondisi saat ini.

"Antara lain mensosialisasikan kembali pola hidup bersih sehat (PHBS) di setiap workshop kejuruan PBK, sekaligus memberikan pemahaman tentang covid-19, menyediakan sarana kebersihan, melakukan pengecekan suhu tubuh peserta dan pegawai melibatkan tim medis dari RSUD Sekarwangi," jelasnya.(*)