Pabrik Tua Belanda Terowongan Pembangkit Listrik Peninggalan Kolonial Hingga Air Terjun Greentea Curug Cipatala Sukabumi

Sabtu, 14 Maret 2020 - 11:37 WIB
Pabrik Tua Belanda Terowongan Pembangkit Listrik Peninggalan Kolonial Hingga Air Terjun Greentea Curug Cipatala Sukabumi
Pabrik Tua Belanda Terowongan Pembangkit Listrik Peninggalan Kolonial Hingga Air Terjun Greentea Curug Cipatala Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Ratusan objek destinasi wisata di Sukabumi yang begitu beragam menjadikan daerah yang cukup dekat dengan Ibu kota Jakarta menjadi buruan wisatawan.

Salah satu destinasi wisata di kawasan Jampangtengah saat ini mulai ramai diperbincangkan, kunjungan wisatawan lokal maupun luar daerah belakangan mulai berbondong datangi spot wisata Curug Cipatala yang berada di wilayah Desa Panumbangan, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Meski hanya memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter dan lebar sekitar 8 meter namun Air Terjun (Curug) Cipatala memiliki daya tarik lain bagi wisatawan.

Air terjun ini memiliki jatuhan air yang sangat jernih yang membentuk kubangan danau kecil dibawah air terjun dengan kedalaman bervariatif.

Kedalaman kubangan air mulai dari setengah meter hingga kedalaman 8 meter.

Tidak hanya air jernih, dinding batuan air terjun disini cukup unik ditambah panorama alam disekitar tebing air terjun dipastikan menjadi daya tarik tersendiri Curug Cipatala.

BACA JUGA : Sejarah Berdirinya Kabupaten Sukabumi

Panorama alam yang asri, ditambah warna air yang terlihat hijau jernih kerap disebut sebagai greentea yang terpadu dan cukup kontras dengan warna dinding bebatuan yang tersusun artistik oleh alam.

Konon sejak zaman kolonial Belanda tempat ini sudah menjadi lokasi wisata bagi tuan, nyonya dan sinyo Belanda.

Hal tersebut dikuatkan dengan keberadaan gudang pabrik peninggalan Belanda yang tidak jauh dari lokasi Curug Cipatala.

Bukti lain yang menguatkan adalah terowongan Cipatala peninggalan jaman kolonial Belanda yang juga berada tidak jauh dari lokasi air terjun.

Konon bangun tersebut dibuat oleh warga Panumbangan pada zaman Belanda sebagai pembangkit listrik tenaga air.

BACA JUGA :Tugu Hansip di Sukabumi, Bukti Sejarah yang Nyaris Tidak Dikenali

Penasaran untuk kunjungi spot wisata ini, akses menuju Curug Cipatala cukup mudah dijangkau.

Dari Sukabumi menuju arah terminal Bojonglopang, Kecamatan Jampangtengah.dengan menempuh sekitar 28 kilometer.

Dari terminal Bojonglopang perjalanan dilanjut hanya berkisar 1,5 kilometer untuk tiba di Curug Cipatala.

Lokasi Air Terjun ini tidak jauh dari pinggir Jalan Kabupaten Bojonglopang - Cimerang.(*)