Bupati Sukabumi Susur Sungai Ciletuh Nikmati Hutan Mangrove Hingga Pulau Mandra dan Kunti

Kamis, 05 Maret 2020 - 23:37 WIB
Bupati Sukabumi Susur Sungai Ciletuh Nikmati Hutan Mangrove Hingga Pulau Mandra dan Kunti
Bupati Sukabumi Susur Sungai Ciletuh Nikmati Hutan Mangrove Hingga Pulau Mandra dan Kunti

TatarSukabumi.ID - Kegiatan rutin program Saba Desa Pariwisata Pemerintah Kabupaten Sukabumi di Bulan Maret 2020 dilaksanakan di Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas, Kamis (5/3/2020).

Saba Desa Pariwisata merupakan program kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan objek wisata di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Dalam laporan Saba Desa Pariwisata di Desa Mandrajaya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Usman Jaelani menyampaikan bahwa selain ajang promosi pariwisata, program ini diharapkan mampu mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat dengan  potensi yang dimiliki.

BACA JUGA : 5 Fakta Gadis Cantik Penjual Kopi di Sukabumi yang Mendadak Viral

Lebih jauh Usman membeberkan, Kabupaten Sukabumi memiliki Gurilaps (Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai, dan Seni Budaya) dengan kurang lebih 110 objek wisata, salah satunya hingga diakui UNESCO Global Geopark meliputi 8 Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Ciracap, Ciemas, Surade, Simpanan, Waluran, Palabuhanratu, Cikakak dan Cisolok.

Masih kata Usman, potensi kekayaan alam di wilayah Desa Mandrajaya sangat berpotensi dan memiliki nilai jual tinggi bagi wisatawan.

"Pantai Cikadal dengan dua pulau yakni pulau Mandra dan pulau Kunti ini menyajikan pemandangan yang sangat indah, selain itu hutan mangrove di kawasan ini merupakan daya tarik wisata  alam, selain itu keindahan alam bawah laut disini sangat mempesona," ungkap Usman Jaelani, Kamis (5/3).

BACA JUGA : Ribka Tjiptaning Sebut Rempah-rempah Hingga Masakan Padang Sebagai Penangkal Virus

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Saba Desa Pariwisata bertujuan untuk lebih menggali potensi pariwisata sesuai amanat Presiden.

"Bahwa pembangunan dimulai dari pinggiran, salah satunya termasuk dari sisi pariwisata. Sektor pariwisata akan menimbulkan multiplayer effects bagi masyarakat, potensi ini yang perlu dikembangkan untuk membangun Indonesia dari pinggiran di mulai dari Desa.

"Setiap desa harus memiliki icon sehingga potensi yang dimiliki oleh desa perlu didorong untuk percepatan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat" ungkap Marwan Hamami.

BACA JUGA : Gadis Cantik Penjual Kopi Pelukis Sketsa Kidal Asal Sukabumi Nasibnya Kini

Atas pertimbangan itulah, Marwan meminta masyarakat untuk bisa turut berperan aktif mendorong program Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

"Satu desa satu produk itu salah satunya, bagaimana masyarakat mengembangkan potensi yang ada misalnya dengan olahan rumput laut yang memiliki nilai ekonomis, dan itu perlu di sinergikan dengan objek pariwisata yang ada di Mandrajaya" tandasnya.

Dalam Saba Desa Pariwisata Mandrajaya, Bupati Sukabumi meninjau langsung spot wisata pantai Cikadal, hingga menelusuri objek wisata hutan mangroove menggunakan perahu menelusuri Sungai Muara Ciletuh di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi.(*)