Ribka Tjiptaning Sebut Rempah-rempah Hingga Masakan Padang Sebagai Penangkal Virus

Kamis, 05 Maret 2020 - 19:08 WIB
Ribka Tjiptaning Sebut Rempah-rempah Hingga Masakan Padang Sebagai Penangkal Virus
Ribka Tjiptaning Sebut Rempah-rempah Hingga Masakan Padang Sebagai Penangkal Virus
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ribka Tjiptaning Proletariyati menyatakan rempah rempah tradisional mampu menangkal virus yang belakangan ini menjadi momok menakutkan korona.

Hal tersebut di sampaikan ketua Komisi IX DPR yang membidangi Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kependudukan dan Kesehatan disela kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Sukabumi, Kamis (5/3/2020).

"Germas ini sudah sejak 3 tahun lalu yang dilakukan oleh Kemenkes (kementrian kesehatan) bersama komisi 9, ini masa reses kita sosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat dan kebetulan lagi ada isu korona, jadi kita yakinkan masyarakat gak ada korona di Sukabumi, gak laku lah (isu tersebut)," tegas Ribka, Kamis (5/3).

BACA JUGA : Gadis Cantik Penjual Kopi Pelukis Sketsa Kidal Asal Sukabumi Nasibnya Kini

Lebih jauh politisi wanita partai berlambang kepala Banteng menyatakan salah satu penangkal virus adalah rempah rempah.

"Memang benar salah satu penangkalnya adalah rempah rempah. Jadi ada profesor Khairul menemukan bahwa ternyata obat virus yang terjahat apapun itu, dia matinya dengan Kurkuma, Kurkuma itu ada di jahe, ada di kencur,

Masih kata Ribka, secara tidak sengaja nenek moyang bangsa Indonesia sejak dulu memiliki budaya seneng makan rempah-rempah hal ini ditengarai bisa memberi imunitas bagi tubuh.

"Makanya orang Eropa, Amerika bingung kok indonesia bisa enggak kena (korona). Padahal budaya orang tua kita terutama orang orang di desa, mereka ambil daun-daunan direbus di bikin sambel campur kencur justru itu yang bikin jadi imunitas dalam tubuh kita," jelasnya.

BACA JUGA : 5 Fakta Gadis Cantik Penjual Kopi di Sukabumi yang Mendadak Viral

Lebih jauh Ribka Tjiptaning sempat menyinggung jika Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan kembali mengembangkan jalur rempah rempah.

"Ibu Mega sedang (kembali) mengembangkan jalur rempah kita dulu yang dikuasai oleh orang orang asing, itu jalur rempah mulai barat sampai timur milik kita bangsa Indonesia," tegasnya.

Diakhir wawancara Ribka sempat menyebut masakan padang sebagai makanan memiliki kandungan rempah yang cukup tinggi.

"Itu rumah makan padang sudah komplek rempah-rempahnya. Jadi enggak usah takut sama virus yang penting pola hidup sehat dan memang harus mulai rajin memeriksakan diri ke puskesmas," tandasnya.(*)