Sistem Pemilihan dan Kandidat Ketua Apdesi Sukabumi 2020 - 2025

Selasa, 25 Februari 2020 - 15:52 WIB
Sistem Pemilihan dan Kandidat Ketua Apdesi Sukabumi 2020 - 2025
Sistem Pemilihan dan Kandidat Ketua Apdesi Sukabumi 2020 - 2025

TatarSukabumi.ID - Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sukabumi dalam waktu dekat akan melaksanakan Muscab ke-IV tahun 2020.

Tutang selaku Sekretaris OC (Organizing Comite) Muscab Apdesi ke-IV menyatakan secara teknis kegiatan Muscab rencananya akan dilangsungkan pada 27-28 Februari 2020 di Hotel Augusta Sukabumi.

Lebih jauh Tutang yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Nagrak Selatan, Kecamatan Nagrak mengatakan jika Panitia kegiatan telah melaksanakan koordinasi permohonan izin pelaksanaan Muscab ke-IV Apdesi kepada Polres Sukabumi pada Senin (24/2) kemarin.

"Kami telah melaksanakan koordinasi denan Kasat Intelkam Polres Sukabumi untuk acara Muscab nanti," kata Tutang, Selasa (25/2).

BACA JUGA : Sofyan Effendy Dipanggil Bawaslu, Jubir : Kami Ingin Persamaan Dimata Hukum Equality Before The Law

Disinggung lebih jauh, nama calon yang nantinya akan bertarung untuk menjadi orang nomor satu di Apdesi Kabupaten Sukabumi, Tutang menyatakan hingga Senin kemarin terdapat 3 nama kandidat bakal calon.

Ketiga nama bakal calon Ketua Apdesi periode 2020-2025 diantaranya Deden Deni Wahyudin Kades Sukakersa Parakansalak , Taofik Guntur Rohmi (Opik) Kades Ciwaru Ciemas, dan Aung R. Madjanan Kades Padaasih, Kecamatan Cisaat.

Masih kata Tutang, berkenaan dengan mekanisme pemilihan akan dilakukan oleh 381 Kades dengan 10 bilik suara sesuai hasil rapat pimpinan.

"Nanti akan menggunakan sistem pemilihan suara one man one vote, jadi setiap Kades memiliki hak suara," jelasnya.

BACA JUGA : Isu Strategis RPJMD Kabupaten Sukabumi 2021-2025

Sementara itu, Kasat Intel Polres Sukabumi, AKP Rafik Rahadiansyah,  mengatakan kehadiran Polres Sukabumi adalah untuk menjamin keamanan seluruh tahapan hingga pelaksanaan Muscab ke-IV Apdesi mendatang.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan Panitia Muscab. Tindakan ini dilakukan sebagai upaya preventif dalam rangka pencegahan potensi konflik antar peserta Muscab, Calon maupun pendukung mengingat potensi gejolak yang harus di minimalisir.

Semoga Musyawarah Cabang Apdesi ke IV Tahun 2020 berlangsung demokratis dan aman sekaligus menghasilkan Ketua Apdesi yang bisa memimpin 381 Desa se-kabupaten Sukabumi." ungkap Rafik.(*)