Seperti Ini Proses Verifikasi Pemutakhiran Data Penetapan DPS hingga Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2020

Kamis, 20 Februari 2020 - 19:43 WIB
Seperti Ini Proses Verifikasi Pemutakhiran Data Penetapan DPS hingga Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2020
Seperti Ini Proses Verifikasi Pemutakhiran Data Penetapan DPS hingga Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2020
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Dalam waktu dekat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi 2020 akan dihelat.

Ayi Saepudin, Komisioner Divisi Data dan Informasi pada KPU Kabupaten Sukabumi menyebut saat ini KPU RI tengah melakukan tahapan pemutakhiran Data Pemilih (DP).

Menurut Ayi, Data Pemilih bersumber pada DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) yang telah dikeluarkan oleh Kemendagri kepada KPU RI.

"Data DP4 dari Kemendagri selanjutnya disinkronkan dengan DPT pemilu terakhir (2019). Saat ini kami masih menunggu hasil sinkronisasi antara DP4 yang baru dari Kemendagri dengan data pada Pemilu 2019 lalu.

"Diagendakan pada 23 Maret mendatang KPU Kabupaten Sukabumi telah menerima hasil sinkronisasi DP4 dengan DPT Pemilu 2019," kata Ayi kepada TatarSukabumi.ID, Kamis (20/2/2020).

BACA JUGA : Dua Ribu Orang Dengan Gangguan Jiwa di Sukabumi, KPU : Mereka Berhak Mendapat Hak Suara di Pilkada 2020

Lebih jauh Komisioner Divisi Data dan Informasi pada KPU Kabupaten Sukabumi menjelaskan tahapan pemutakhiran data pemilih di Pilkada 2020 mendatang dimulai dengan kegiatan coklit (pencocokan dan penelitian) oleh PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) pada tingkat PPS atau Desa/Kelurahan.

Sebelum dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan, PPS berkoordinasi dengan PRD (Petugas Registrasi Desa) Disdukcapil Kabupaten yang nantinya akan melakukan tindakan lanjutan apabila ada temuan perubahan status pemilih di lapangan agar dilakukan perubahan dalam data base kependudukan kabupaten.

"Selanjutnya setelah penyusunan Daftar Pemilih selesai ditingkat PPS, akan dilakukan rekapitulasi ke tingkat Desa, Kecamatan (PPK) hingga ke KPU Kabupaten Sukabumi.

"Setelah itu data pemutakhiran tersebut akan kami lakukan rekapitulasi, barulah setelah itu kami tetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang agendanya akan diumumkan pada 18 juni mendatang," beber Ayi.

BACA JUGA : Inilah Pasangan Calon Bupati Sukabumi Yang Akan Bertarung di Pilkada 2020 Melalui Jalur Independen

Tidak sampai di sana, setelah DPS diumumkan, KPU memberikan waktu apabila ada perubahan /data yang tidak valid melalui tahapan tanggapan kepada masyarakat.

Tahapan selanjutnya sambung Ayi, adalah kembali melakukan verifikasi data DPS hingga ke tingkat PPS, dan seperti proses awal, verifikasi dan rekapitulasi kembali dilakukan dan disampaikan dari tingkat Desa, Kecamatan (PPK) hingga akhirnya kembali ke KPU tingkat Kabupaten Sukabumi.

"Pemutakhiran dan rekapitulasi DPS hasil perbaikan selanjutnya akan ditetapkan sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap). DPT akan di umumkan mulai 22 juni hingga 2 juli 2020," jelas Ayi.

BACA JUGA : Partai Golkar Demokrat dan PAN Isyaratkan Bentuk Koalisi Inilah Calon Bupati dan Wakilnya

Di konfirmasi terpisah, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi, siap proaktif memberikan basis data kependudukan apabila dibutuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) guna mensukseskan Pilkada Sukabumi 2020.

Hal ini diungkap Jujun selaku Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Sukabumi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/2/2020).

"Perlu dipahami di tahapan Pilkada berdasarkan undang-undang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang lebih berhak menentukan jumlah pemilih tetap (DPT), namun diharapkan verifikasi data kependudukan agar lebih efektif sepatutnya yang mutakhir.

"Bila KPU mengadakan sosialisasi tentang daftar pemilih tetap (DPT) dan mengundang kami untuk jadi nara sumber agar verifikasi data lebih efektif kami siap membantu. Guna mensukseskan penyelenggaraan pemilu kami siap bekerjasama dengan penyelenggara dan pengawas pemilu untuk menertibkan atau menyusun data mutakhir pemilih tetap (DPT) pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020." tandasnya.(*)