PKP 40 PNS Kabupaten Sukabumi, Marwan : PNS Harus Memiliki Kompetensi

Rabu, 19 Februari 2020 - 16:42 WIB
PKP 40 PNS Kabupaten Sukabumi, Marwan : PNS Harus Memiliki Kompetensi
PKP 40 PNS Kabupaten Sukabumi, Marwan : PNS Harus Memiliki Kompetensi

TatarSukabumi.ID - 40 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemda Kabupaten Sukabumi ikuti pelatihan kepemimpinan pengawasan (PKP) angkatan I tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi, Selasa (18/2/2020)

Peserta terdiri dari pejabat pengawas setingkat golongan IV a dan IV b, serta pejabat fungsional yang diberi tambahan setara eselon IV a.

Mereka akan dilatih selama 96 hari, terhitung mulai hari ini hingga 26 Juni 2020 mendatang dengan 36 hari on campus dan 60 off campus.

BACA JUGA : Marwan Hamami Dorong 5 Kecamatan di Sukabumi Menjadi Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR), Inilah Tahapannya

Bupati Sukabumi Marwan Hamami membuka PKP ditandai pengalungan tanda peserta secara simbolis dan menyaksikan pembacaan janji seluruh peserta pelatihan.

Marwan mengatakan, PNS merupakan ujung tombak dalam birokrasi pemerintahan, sehingga keberadaannya dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi perubahan dunia yang dinamis.

"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berlangsung sangat cepat, pemerintah pun dituntut bekerja lebih cepat dan responsif, sehingga PNS harus memiliki kompetensi yang memadai untuk memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, kapabilitas, dan kapasitas," ungkap Marwan, Selasa (19/2).

BACA JUGA : 150 Penderita Thalasemia di Sukabumi Butuh Banyak Pendonor Darah

Lebih jauh Bupati mengatakan, PNS yang berkompeten akan memudahkan dalam membimbing dan mengarahkan stafnya, terutama ketika menjabarkan kebijakan pimpinan secara operasional, mendesain program organisasi di perangkat daerahnya sampai melaksanakan kegiatan yang dikerjakannya secara efisien dan efektif.

"Pelatihan ini harus dijadikan media pengembangan pengetahuan, kecakapan, sikap dan perilaku serta dalam upaya meningkatkan potensi diri sebagai pimpinan di organisasi pemerintah," tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas BKPSDM Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengatakan, kegiatan tersebut diadakan untuk membentuk para pejabat pengawas memiliki kemampuan melayani.

"Termasuk meningkatkan komitmen dan integritas moral serta tanggungjawab profesional para pejabat pengawas.

"Nantinya bisa meningkatkan kompetensi manajerial dan menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan pengawas," pungkasnya.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI