Ternyata Ada Rencana Pembangunan Pengolahan Limbah Tinja di Cikembar Sukabumi

Kamis, 13 Februari 2020 - 18:17 WIB
Ternyata Ada Rencana Pembangunan Pengolahan Limbah Tinja di Cikembar Sukabumi
Ternyata Ada Rencana Pembangunan Pengolahan Limbah Tinja di Cikembar Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Kasus dugaan pembuangan limbah tinja kotoran manusia di Kampung Tenjojaya RT 01/RW 01 Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak belum lama ini menuai banyak sorotan.

Guna mengantisipasi kejadian serupa di Wilayah Kecamatan Cikembar, Dading selaku Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi secara gencar memberikan sosialisasi khususnya kepada Perusahaan yang berada di wilayah Cikembar.

Dading menyebut sedikitnya terdapat 105 perusahaan di wilayah Kecamatan Cikembar sementara perusahaan yang aktif beroperasi sekitar 50 perusahaan bergerak di bidang Garmen, Perusahaan Padat Karya, Peternakan, Pertambangan, air bersih, rumah makan dan perumahan.

"Kami mensosialisasikan kepada pihak pengusaha, agar selanjutnya memberikan laporan, dalam satu bulan berapa kali menggunakan jasa pengusaha buang limbah serta jenis limbah apa saja yang dibuang disertai dokumen lengkap berkas perizinan perusahaan atau dari pengusaha jasa pembuangan limbah," ungkap Dading, Kamis (13/2).

BACA JUGA : Terungkap Inilah Pengakuan Penimbun 25 Tangki Tinja Kotoran Manusia di Sukabumi

Masih kata Dading, Pihaknya diminta bantuan oleh DLH (Dinas Lingkungan Hidup) untuk mempertanyakan setiap perusahaan terkait laporan semester (6 bulan) khususnya terkait laporan limbah.

"Pada prinsipnya berdasarkan perda (Peraturan Daerah) nomor 2 tahun 2013 tentang tata cara pembuangan limbah, mengurus perijinan lingkungan sesuai perda nomor 03 tahun 2013
serta Perda nomor 02 tahun 2015 yang mengatur perlindungan berikut pengelolaan lingkungan hidup daerah," jelasnya.

Dalam sosialisasi, Dading menghimbau kepada Perusahaan bila masih melakukan pelanggaran, maka Pihaknya akan melaporkan ke tingkat Kabupaten untuk segera ditindak lanjuti baik kesalahan maupun kelalaian yang berpotensi merugikan masyarakat dan pemerintah.

BACA JUGA : Pelaku Curanmor Wilayah Operasi Cibadak Parungkuda Cicurug Dibekuk Polisi

Dading sempat menyinggung rencana Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi yang akan membangun pengolahan tinja di kawasan Cimenteng Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Lebih jauh Dading mengatakan, Pihaknya beberapa kali mendapat laporan dari warga masyarakat terkait pencemaran lingkungan baik air, maupun polusi udara berupa bau menyengat yang berasal dari pembakaran sampah Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cikembar.

"Sampai saat ini semua permasalahan masih bisa terselesaikan," ungkapnya.(*)