1200 Bangunan Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Rusak Berat dan Sedang

Senin, 09 Desember 2019 - 20:17 WIB
1200 Bangunan Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Rusak Berat dan Sedang
1200 Bangunan Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Rusak Berat dan Sedang

TatarSukabumi.ID - Dipenghujung tahun 2019, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi mencatat sekitar 1200 bangunan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan sedang hingga berat.

Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin, saat ditemui awak media usai kegiatan audiensi Dewan Sekolah bersama Bupati Sukabumi di Gedung Pendopo, Senin (9/12/2019).

Solihin meyebut sedikitnya 700 bangunan Sekolah Dasar mengalami rusak berat dan setidaknya 500 bangunan SD mengalami rusak sedang di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.

BACA JUGA : Atap Ruang Kelas SD di Sukabumi Ambruk

Menurut Solihin, jumlah total Sekolah Dasar di Sukabumi berjumlah 12 ribu Sekolah.

Lebih jauh Solihin menjelaskan, data kerusakan 1200 bangunan Sekolah Dasar yabg rusak tersebut tidak termasuk untuk jenis kerusakan ringan.

"Untuk yang rusak ringan tidak masuk data (Dinas) karena itu (perbaikan) kewenangan sekolah, pakai BOS (biaya operasional sekolah)," ungkap Solihin, Senin (9/12).

BACA JUGA : Potensi Bencana Hidrometeorologi di Sukabumi, Iyos Somantri Minta Masyarakat Lapor Jika Ada Gejala Aneh

Disinggung awak media terkait target perbaikan bangunan sekolah rusak di tahun anggaran 2020 mendatang, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi mengatakan saat ini Disdik Kabupaten Sukabumi masih menunggu hasil evaluasi dari tingkat Provinsi.

"Target kita sih mengajukan 20% dari 700 bangunan sekolah rusak untuk perbaikan, walaupun memang berat sih,"

"Untuk rehab Sekolah Dasar sekitar 16 milyar, kalau untuk SMP yang saya lihat baru muncul dari DAK (dana alokasi khusus)  itu sekitar 11 milyar untuk tahun 2020," beber Solihin.(*)