Diseminasi Penyusunan APBDes DPMD Kabupaten Sukabumi

Jumat, 22 November 2019 - 13:27 WIB
Diseminasi Penyusunan APBDes DPMD Kabupaten Sukabumi
Diseminasi Penyusunan APBDes DPMD Kabupaten Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi menggelar diseminisasi penyusunan dan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) belum lama ini.

Hal ini dilakukan sebagai upaya penguatan peran dan fungsi perangkat desa dalam rangka meningkatkan administrasi pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif tertib dan disiplin anggaran.

Enda Yuniar, Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi Keuangan dan Aset Desa pada DPMD Kabupaten Sukabumi menjelaskan, diseminasi penyusunan laporan pertanggungjawaban APBDes ini menitik beratkan pada pemberian materi pemahaman kepada Pemdes dalam menentukan kebijakan agar lebih terarah dalam pengelolaan keuangan desa.

BACA JUGA : Lowongan CPNS 2019 Sukabumi Masih Terbuka Lebar, Hati-hati Calo CPNS

Hal lainnya, tambah Enda, adalah untuk memantapkan perencanaan, penatausahaan, penganggaran keuangan desa khususnya dalam pelaporan pertanggungjawaban realisasi APBDes.

"Kinerja pemdes tidak terpisahkan antara kebijakan serta skala prioritas, guna terwujudnya pembangunan masyarakat pedesaan, terutamanya untuk mencapai target sesuai parameter pelaksanaan program percepatan pembangunan desa di kabupaten Sukabumi," ungkap Enda.

Diseminasi ini diikuti 180 peserta dari kalangan perangkat desa (sekretaris desa, dan operator siskeudes) dari 47 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi. (*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI