Bukti Keseriusan Janji Kampanye Ridwan Kamil Soroti Pemekaran Sukabumi Utara

Kamis, 21 November 2019 - 15:18 WIB
Bukti Keseriusan Janji Kampanye Ridwan Kamil Soroti Pemekaran Sukabumi Utara
Bukti Keseriusan Janji Kampanye Ridwan Kamil Soroti Pemekaran Sukabumi Utara
Banner Dalam Artikel

Disinggung soal moratorium baik dari pemerintah pusat maupun kementerian dalam negeri sebagai salah satu ganjalan dalam proses percepatan pemekaran, Amir angkat suara.

"Itu realita yang harus kita terima. Tapi dukungan dokumen baik dari provinsi dan kabupaten harus lebih serius dilengkapi, sehingga nanti ketika pusat mencabut moratorium dan mensahkan peraturan pemerintah (PP) penataan daerah dan PP Desertada (Desain Besar Penataan Daerah) maka kabupaten induk dan calon daerah otonomi baru (CDOB-KSU) sudah siap," beber Amir.

BACA JUGA : 4 Fakta Helikopter Buatan Sukabumi Setelah Diteliti Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN

Amir sempat membahas janji kampanye Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam kampanyenya RK sebut 6 CDOB yang nantinya akan masuk skala prioritas dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) diantaranya Bogor, Bekasi, Sukabumi utara, Cianjur, Garut dan Indramayu.

"Dulu ketika Kang Emil awal mengajukan menjadi Jabar satu (Gubernur), beliau mengkampanyekan ada 6 CDOB, dan itu telah dituangkan dalam RPJMD Provinsi, dan selanjutnya dituangkan RPJMD masing-masing Kabupaten CDOB,"

"Itu artinya langkah keseriusan
dari gubernur untuk kabupaten yang memang diperlukan pemekaran. Terlepas dikabulkan pemerintah pusat adalah urusan lain, tapi bukti jika Gubernur menunjukkan keseriusan untuk mengawal pemekaran sampai hari ini," jelasnya.

BACA JUGA : Pemerintah Gelontorkan 570 Milyar Untuk Desa di Sukabumi 25 Persen Belum Terserap

Ditanya lebih jauh terkait Anggaran CDOB, seluruhnya akan diserahkan kepada 6 Kabupaten Induk.

Untuk diketahui, di tahun 2020 ini, 6 wilayah yang siap menjadi Daerah Otonomi Baru, telah memiliki susunan rencana alokasi pembiayaan, baik anggaran studi, analisis, hingga analisis calon ibu kota.

"Kalau mengenai besaran anggaran, kami selaku konsultan tidak mengetahui persis,,
tapi dari sisi komitmen total dari sisi anggaran didukung oleh provinsi dan kabupaten," jelasnya.(*)