Sukabumi Boga Lemon, Perjuangkan Lemon Lokal Jadi Icon Daerah

Rabu, 16 Oktober 2019 - 17:20 WIB
Sukabumi Boga Lemon, Perjuangkan Lemon Lokal Jadi Icon Daerah
Sukabumi Boga Lemon, Perjuangkan Lemon Lokal Jadi Icon Daerah

BACA JUGA : Polres Sukabumi Lakukan Penyekatan di 3 Titik Jelang Pelantikan Presiden Joko Widodo

Untuk membangun usahanya, saat ini Dudi melakukan kerja sama sistem plasma baik dengan petani maupun dengan Pihak SMK Pertanian.

Sejumlah petani dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Sukabumi ikut bergabung diantaranya Kecamatan Nyalindung, Sukalarang, Kadudampit, Caringin, Cibadak, Cikidang, Parakansalak, Kabandungan, dan Kecamatan Cicurug.

Menurut Dudi, dari puluhan hektar kebun Lemon di Sukabumi, penghasilan bisa mencapai 1 ton lebih dalam setiap minggunya.

BACA JUGA : Babak Baru Pembangunan Bandara Cikembar Sukabumi

Untuk pendistribusian, saat ini Dudi hanya bisa menjual 500 Kilogram dalam seminggu dan sisanya dijual ke sejumlah pasar di Jakarta.

"Untuk kwalitas super kita jual di sukabumi, sisanya ke pasar pasar di Jakarta, kita juga akan buka beberapa cabang lain di Sukabumi, dan kedepannya semoga buah Lemon ini bisa menjadi icon Sukabumi dan menjadi oleh-oleh buah tangan kebanggan Sukabumi," harap Dudi.

Untuk membantu pelaku usaha kecil lainnya sekaligus mengkampanyekan anti sampah, untuk Buah Lemon yang dijual Dudi menggunakan kemasan berupa keranjang anyaman bambu (bongsang).

"Saya beli dari warga pengrajin diwilayah Cikundul seharga dua ratus rupiah satu bongsangnya," kata Dudi.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI