Loading...

Gempa Sukabumi Terkini Mengakibatkan Bangunan Sekolah Ambruk

Minggu, 22 Maret 2020 - 15:07 WIB
Gempa Sukabumi Terkini Mengakibatkan Bangunan Sekolah Ambruk
Gempa Sukabumi Terkini Mengakibatkan Bangunan Sekolah Ambruk

TatarSukabumi.ID - Setidaknya 2 Lokal bangunan kelas Madrasah Aliyah (MA) Albisriyah di Kampung Cijeblus, Desa Sukamukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi ambruk.

Ambruknya bangunan kelas terjadi sekira pukul 10.48 WIB, insiden ini terjadi diduga akibat gempa yang mengguncang Sukabumi pagi tadi, Minggu (22/3/2020).

Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna kepada TatarSukabumi.ID memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

"Tidak ada korban jiwa karena sekolah sedang libur. Taksiran kerugian sekitar 50 juta rupiah," jelas Daeng, Minggu (22/3).

BACA JUGA : Gempa Terkini Sukabumi, BMKG : Dipicu Aktivitas Patahan Cimandiri

Masih kata Daeng, BPBD bersama seluruh unsur Muspika Waluran telah melakukan assessment di lokasi bencana.

"Perkembangan informasi selanjutnya akan dilakukan update secara berkala apabila terdapat laporan tambahan dampak dari gempa tadi pagi," ungkap Daeng.

Di lokasi kejadian, sejumlah warga di sekitar lokasi ambruknya bangunan kelas mengaku jika saat terjadi guncangan gempa dirasakan cukup besar.

"Dua ruangan kelas bagian atapnya ambruk dan dindingnya retak retak, bangunan asrama juga dindingnya mengalami retakan.

"Kejadiannya waktu ada goncangan gempa tadi pagi," ujar Aryo (45) warga sekitar.

BACA JUGA : Kenali Sejarah Gempa yang Dipicu oleh Sesar Cimandiri dan Sesar Citarik Sukabumi

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan M 3.5 terjadi pada pukul 10:48:00 WIB pagi tadi.

Titik pusat gempa berada pada 7.07 Lintang Selatan dan 106.56 Bujur Timur pada kedalaman 2 Kilometer berjarak 44 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, jenis gempa ini termasuk kedalam gempa jenis dangkal akibat aktifitas patahan (sesar) Cimandiri.(*)