Loading...

Ridwan Kamil Berikan 10 Ribu Masker ke Pemkot Depok, RK: Masyarakat Tetap Tenang Lakukan Kegiatan Rutin Seperti Biasa

Senin, 02 Maret 2020 - 23:22 WIB
Ridwan Kamil Berikan 10 Ribu Masker ke Pemkot Depok, RK: Masyarakat Tetap Tenang Lakukan Kegiatan Rutin Seperti Biasa
Ridwan Kamil Berikan 10 Ribu Masker ke Pemkot Depok, RK: Masyarakat Tetap Tenang Lakukan Kegiatan Rutin Seperti Biasa

TatarSukabumi.ID  - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya melakukan pencegahan wabah virus corona atau Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Jabar adalah memberikan bantuan masker, hal ini dilakukan karena Pemerintah Pusat telah mengumumkan 2 warga positif terpapar Covid-19 atau virus Corona.

Meski lokasi terpapar wabah diduga terjadi di Jakarta, namun kedua warga tersebut tercatat dan berdomisili sebagai warga Depok Jawa Barat.

"Malam ini di Depok kami memberikan bantuan 10 ribu masker kepada Walikota Depok untuk didistribusikan kepada unit-unit pelayanan kesehatan di Depok jika membutuhkan" ujar Gubernur Jawa barat seperti dikutip TatarSukabumi.ID Senin (02/03/2020).

BACA JUGA : Suspect Virus Corona di Jawa Barat, Ridwan Kamil Angkat Suara

RK menyatakan, menurut Menteri Kesehatan masker tersebut hanya dipergunakan untuk mereka yang sakit atau mereka yang berada di lingkungan penuh orang sakit.

"Warga yang sehat dihimbau tidak perlu ikut panik dengan membeli masker,  juga dihimbau tetap tenang dan rasional untuk tidak panik membeli sembako berlebihan karena supply dan demand kita masih sangat aman" tegas orang nomor satu di Jawa Barat.

Lebih jauh RK menegaskan untuk penanganan virus Corona Pemprov Jabar telah melakukan sejumlah upaya sebagai bentuk antisipasi.

"Masalah hari ini sudah diantisipasi oleh Pemprov Jawa Barat sejak 2 minggu lalu. Siaga 1 virus corona sudah diumumkan sejak 2 minggu lalu dan tim khusus Crisis Center sudah dibentuk untuk merespon situasi" tegasnya.

BACA JUGA : Walikota Sukabumi Ungkap Kejelasan Korban Meninggal Dunia Setelah Viral Diduga Suspect Corona

"Mereka yang pernah kontak dengan 2 WNI warga Depok terpapar virus corona karena kontak dengan warga Jepang di Jakarta saat ini sedang diobservasi dan sudah diistirahatkan di rumah masing-masing sesuai prosedur. Jika ada gejala maka akan segera diisolasi" ungkap RK.

Pemprov Jabar memastikan sedikitnya 28 Rumah Sakit se-Jawa Barat sudah disiagakan dengan fasilitas isolasi maupun peralatannya sejak 2 minggu terakhir untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Masyarakat dihimbau tetap tenang dan melakukan kegiatan seperti biasa. Rutin memantau informasi resmi dan pemerintah. Mari Tetap waspada namun rasional." ungkap RK seperti dikutip TatarSukabumi.ID. (*)