Loading...

Kondisi Terkini Setelah 72 Jam Akses Jalan Geopark Ciletuh Terhambat Longsor

Rabu, 19 Februari 2020 - 22:35 WIB
Kondisi Terkini Setelah 72 Jam Akses Jalan Geopark Ciletuh Terhambat Longsor
Kondisi Terkini Setelah 72 Jam Akses Jalan Geopark Ciletuh Terhambat Longsor

TatarSukabumi.ID - Setelah kurang lebih 72 jam tertutup, akses jalan menuju Geopark Ciletuh jalur Puncak Darma - Palangpang akhirnya kembali bisa dilalui kendaraan.

Setelah sebelumnya pada Minggu (16/2) ruas jalan tertutup longsor sepanjang 300 meter di wilayah Batu Cakup, material longsor selesai di evakuasi pada pukul 19.30 WIB, malam ini, Rabu (19/02/2020).

Namun demikian, kendaraan roda dua maupun empat diharap ektra hati - hati mengingat kondisi jalan turunan tajam serta sisa material tanah yang tersiram hujan cukup licin saat dilintasi.

"Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik antara PU Bina Marga provinsi Jabar bersama pemerintah setempat akhirnya material longsor di kawasan Batu Cakup yang sempat menutup badan jalan dapat di evakuasi," ungkap Entis Sutisna, Kepala Sub Unit Pengelolaan (KSUP 4) Dinas PU Bina Marga Provinsi Jabar wilayah kerja Kabupaten Sukabumi, Rabu (19/2).

BACA JUGA : Jalur Loji Palangpang Masih Tertutup Longsor 300 Meter, Mau ke Geopark Ciletuh Gunakan Rute Aman Ini

Masih kata Dia, sebelumnya akses jalan Geopark Ciletuh rute Loji - Palangpang sempat terhambat sehingga arus lalu lintas dialihkan melalui jalur Puncak Aher menuju Ciemas.

"Sekarang sudah mulai normal antara Loji - Palangpang, namun para pengguna jalan kita imbau agar lebih hati - hati mengingat cuaca masih ada turun hujan, jalan menurun dan menanjak cukup curam ditambah sisa material longsoran membuat jalan licin," tukasnya.

"Kami Bina Marga provinsi Jawa Barat wilayah kerja Kabupaten Sukabumi mengucapkan banyak terimakasih kepada semua unsur yang telah membantu terutama untuk warga sekitar," tandasnya.

BACA JUGA : Kurang Banyak! Inilah Alat Canggih Pendeteksi Bencana Andalan BPBD Kabupaten Sukabumi

Ditempat terpisah, Kasi Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman kepada TatarSukabumi.ID menyatakan saat ini seluruh akses masuk dan keluar kawasan Geopark Ciletuh kembali normal.

Untuk jalur lalu lintas dari Loji ke Ciwaru Kecamatan Ciemas atau sebaliknya, kini  telah aman dilalui baik untuk kendaraan roda dua maupun empat.

"Juga untuk Jalur Ciwaru ke Jampangkulon Surade dan sekitarnya juga telah aman. Jalur Ciwaru ke Puncak Aher semua sudah kembali berjalan normal." beber Eka. (*)