Loading...

Calon Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi : Pemkab Sukabumi Harus Lebih Greget Sikapi Kades yang Tersangdung Masalah Hukum

Rabu, 19 Februari 2020 - 11:05 WIB
Calon Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi : Pemkab Sukabumi Harus Lebih Greget Sikapi Kades yang Tersangdung Masalah Hukum
Calon Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi : Pemkab Sukabumi Harus Lebih Greget Sikapi Kades yang Tersangdung Masalah Hukum

TatarSukabumi.ID - Kepala Desa Sukakersa Kecamatan Parakansalak, Deden Deni Wahyudi dipastikan turun dalam perhelatan bergengsi pemilihan Ketua DPC Apdesi (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa terpilih selama 3 periode berturut - turut ini digadang gadang sebagai calon kuat untuk memimpin organisasi 381 Desa di Sukabumi periode kerja 2020-2025.

Kepada TatarSukabumi.ID secara eksklusif Deden Deni Wahyudi membeberkan program kerja yang akan diaktualisasikan saat dirinya menjabat Ketua DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi.

Pengadaan kantor sekretariat DPC APDESI, dana operasional organisasi serta agenda penyelesaian dan kepastian hukum bagi kepala desa yang tersangkut hukum, Deden angkat suara.

"Bila saya dipercaya yang pertama dilakukan adalah pembenahan formatur organisasi dikarenakan sekarang banyak pengurus yang telah purnabakti.

"Program kerja lain, target kami di tahun 2020 dan maksimal 2021 kantor atau sekretariat Apdesi harus sudah terbangun," ungkap Deden, Rabu (19/2/2020).

BACA JUGA : Inilah Kriteria dan Nama-nama Calon Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi

Untuk dana operasional organisasi, sambung Deden, nantinya akan diserahkan kepada pengurus organisasi untuk selanjutnya dibahas bersama agar efesiensi pemanfaatan dapat dirasakan oleh seluruh anggita organisasi.

"Yang pasti secara terbuka hasilnya nanti tidak akan memberatkan kepada temen temen kades. Dan kami juga akan mencoba untuk mencari inisiatif lain untuk menggalang dana operasional walaupun nantinya ada iuran anggota tetapi sekali lagi tidak dibebankan terlalu besar kepada anggota," janji Deden yang di perhelatan Pilkades sebelumnya bertarung melawan Istrinya sendiri.

Untuk permasalahan kepastian hukum bagi 381 kepala desa, Deden akan melakukan penguatan konsolidasi dengan melakukan pembinaan dan pengawasan melibatkan unsur Aparat Penegak Hukum (APH) dan mitra lembaga sosial kontrol sekaligus membentuk tim advokasi khusus bagi seluruh anggota DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Catatan WHO untuk Endemik Malaria di Sukabumi

Catatan penting lain yang akan dilakukan Deden Deni Wahyudi adalah membangun koordinasi, bersinergi dan meminta arahan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi sejauh mana bantuan hukum yang akan diberikan untuk membantu menyelesaikan permasalahan 381 Kades apabila tersandung hukum.

"Selama ini penilaian kami, Pemda kurang begitu greget ketika menyikapi hal ini, dalam artian tidak sebanding dengan apa yang telah kami perbuat untuk masyarakat dan pemerintah kabupaten Sukabumi.

"Padahal di pemda ada bagian hukumnya, kami berharap kedepan seharusnya bisa diperbantukan dalam hal pendampingan hukum.

"Semoga tidak ada lagi unsur pemerintah desa yang bermasalah dengan hukum, maka terakhir saya sampaikan terutama pada diri pribadi agar tetap bekerja dengan profesional penuh rasa tanggung jawab." tegas Calon Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi.(*)