Loading...

Jalur Loji Palangpang Masih Tertutup Longsor 300 Meter, Mau ke Geopark Ciletuh Gunakan Rute Aman Ini

Rabu, 19 Februari 2020 - 10:28 WIB
Jalur Loji Palangpang Masih Tertutup Longsor 300 Meter, Mau ke Geopark Ciletuh Gunakan Rute Aman Ini
Jalur Loji Palangpang Masih Tertutup Longsor 300 Meter, Mau ke Geopark Ciletuh Gunakan Rute Aman Ini

TatarSukabumi.ID - Pasca bencana longsor Minggu (16/2) lalu, saat ini ruas jalan menuju objek wisata Geopark Ciletuh via jalur Loji - Palangpang masih belum bisa dilalui kendaraan.

Dari pantauan TatarSukabumi.ID di kawasan Puncak Darma hingga kawasan Batu Cakup, petugas PU Binamarga Provinsi Jabar masih melakukan pengangkatan material longsor.

Hal ini diungkap Juanda Nur, Kepala Sub Unit Pengelolaan (KSUP-5) Dinas PU Bina Marga Provinsi Jabar wilayah kerja Kabupaten Sukabumi, kepada TatarSukabumi.ID Rabu (19/2/2020).

BACA JUGA : Kondisi Terkini Pasca Pergerakan Tanah di Nyalindung Sukabumi

Juanda Nur menjelaskan, untuk Ruas jalan Puncak Darma hingga Palangpang sampai saat ini belum bisa dilalui kendaraan karena material longsoran di sekitar Batu Cakup belum seluruhnya berhasil dibersihkan.

"Kemarin pengerjaan dihentikan pukul 16.00 wib karena hujan, tanah labil jalan menurun curam dan bahaya.

"Dengan menggunakan dua alat berat masih belum mampu menembus panjang nya longsoran yang menutupi badan jalan.

" Panjang jalan yang tertutup longsoran kurang lebih 300 meter, posisi jalan miring (curam) membuat pengerjaan sedikit terhambat, di tambah cuaca menjelang sore turun hujan, jadi rentan sama keselamatan pekerja," beber Juanda, Rabu (19/2).

BACA JUGA : Potensi Rawan Sesar Cimandiri di 13 Kecamatan di Sukabumi, PMI Kabupaten Sukabumi Siapkan Relawan Hingga Tingkat Desa

Masih kata Juanda,  dari 300 meter yang terdampak longsor, baru 100 meteran yang telah berhasil dibersihkan.

Untuk kendaraan masih total belum bisa melintas, dari arah Loji baru bisa sampai Puncak Darma, dan dari Palangpang sampai Batu Cakup.

"Jalur Sabuk Loji-Puncak Darma sudah bisa dilewati, namun Puncak Darma pantai Palangpang belum bisa dilewati karena dari persimpangan Puncak Aher - Batu Cakup masih ada longsoran yang belum berhasil di bersihkan," jelasnya.

BACA JUGA : Marwan Hamami Dorong 5 Kecamatan di Sukabumi Menjadi Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR), Inilah Tahapannya

Untuk rute lain sebagai jalan alternatif pengguna jalan bisa mengakses jalur Waluran - Mareleng - Palampang, "Sudah bisa dilalui sejak kemarin. Dan untuk kendaraan dari arah Loji diarahkan masuk ke jalur Tamanjaya untuk menuju Palangpang," jelasnya.

"Arus kendaraan dari arah Loji dialihkan ke Puncak Aher keluar Ciemas selajutnya ke arah Panenjoan, masuk jalur Panenjoan-Cipeucang- Pantai Palangpang." jelasnya.(*)