Terungkap Inilah Pengakuan Penimbun 25 Tangki Tinja Kotoran Manusia di Sukabumi

Selasa, 11 Februari 2020 - 19:54 WIB
Terungkap Inilah Pengakuan Penimbun 25 Tangki Tinja Kotoran Manusia di Sukabumi
Terungkap Inilah Pengakuan Penimbun 25 Tangki Tinja Kotoran Manusia di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Bau menyengat tinja kotoran manusia merebak dari sebuah bangunan tua dikawasan Kampung Tenjojaya RT 01/RW 01 Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Hari ini, Unsur Desa Tenjojaya, bersama Unsur Kecamatan Kecamatan Cubadak dan Petugas Puskesmas Cibadak melakukan pengecekan dan identifikasi disekitar lokasi bau berasal, Selasa (11/2/2020).

Bukti mencengangkan didapat di lokasi tersebut, pelataran bangunan tua tersebut ditengarai sebagai lokasi pembuangan tinja manusia.

Sekmat Cibadak, Hasanudin kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, dari hasil penelurusan informasi dan identifikasi, tinja manusia sengaja di tampung di lokasi tersebut, hinga saat ini tinja yang dibuang mencapai 25 truk tangki.

"Menurut informasi yang sudah dibuang disini ada 25 truk," kata Hasanudin, Selasa (11/2/2020).

BACA JUGA : Kecolongan! 25 Tangki Kotoran Manusia Dibuang di Pemukiman Warga Cibadak

Ditemui di lokasi yang sama, Nikolas Sumardi (60) merupakan pria yang sengaja menimbun tinja kotoran manusia.

Kepada TatarSukabumi.ID, Dia mengaku menggunakan tinja kotoran manusia untuk pupuk tanaman pertanian yang ditanam di tanahnya.

"Untuk pupuk, untuk di uji coba pertanian.

"Begini awalnya ni, 3 bulan kan kita ngobrol ngobrol soal pertanian, saya bilang (tinja) mungkin bisa dipakai (untuk pupuk), datanglah dia (pemilik tinja) saya bilang kita cobalah dulu, Saya pikir satu tangki itu ada satu kubik tinja nya ternyata enggak paling 0,5," ungkap Nikolas Sumardi dihadapan petugas Kecamatan dan UPTD Puskesmas Cibadak.

BACA JUGA : Aset Eks Pasar Penampungan Sementara Sukaraja Kemana?

Ditanya lebih jauh dari mana asal muasal tinja, kepada awak media Nikolas mengaku tidak mengetahui asal usul tinja yang diterimanya.

Halaman Selanjutnya >>>>