Bikin Nyesek! Puluhan Truk Tangki Tinja Manusia di Buang di Pemukiman Warga Cibadak

Selasa, 11 Februari 2020 - 11:20 WIB
Bikin Nyesek! Puluhan Truk Tangki Tinja Manusia di Buang di Pemukiman Warga Cibadak
Bikin Nyesek! Puluhan Truk Tangki Tinja Manusia di Buang di Pemukiman Warga Cibadak

TatarSukabumi.ID - Bau menyengat kotoran manusia (Tinja) melanda Kampung Tenjojaya RT 01/RW 01 Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Selidik punya selidik, ternyata puluhan truk tangki tinja sengaja membuang muatannya di sebuah pelataran bangunan gedung tua di kawasan tersebut.

Warga setempat melaporkan kejadian ini ke Pihak pemerintahan Desa untuk segera ditindak lanjuti.

BACA JUGA : Ridwan Kamil Bocorkan Site Plan Masa Depan Ibukota Sukabumi Palabuhanratu

Pagi ini, Pemerintah Desa Tenjojaya berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Cibadak dan Puskesmas Cibadak melakukan identifikasi dilokasi pembuangan limbah tinja.

"Kami dari puskesmas cibadak telah melakukan identifikasi dan hasilnya akan kami laporkan, sejauh mana nanti statemennya," ungkap Fajar Firdaus selaku Kasubag TU Puskesmas Cibadak kepada TatarSukabumi.ID di lokasi pembuangan tinja, Selasa (11/2/2020).

Lebih jauh Fajar menjelaskan, dari segi kesehatan Pihaknya telah melakukan identifikasi dan masih menunggu hasil proses identifikasi.

"Tapi secara kesehatan bahwa membuang limbah sembarangan akan berdampak pada masyarakat.

"Ketika tinja ini dibuang sembarangan tanpa ada pengolahan terlebih dahulu, nantinya lalat akan muncul kesana, jadi bisa menimbulkan penyakit seperti diare, dan penyakit lainnya akibat dari lalat yang hinggap di kotoran tersebut, beber Fajar.

BACA JUGA : Pemasangan Stiker Perumda Air Minum Kabupaten Sukabumi Tidak Ada Unsur Politik

Kepada masyarakat yang tinggal di radius dekat lokasi pembuangan tinja, Fajar menghimbau untuk menutup makanan karena dikhawatirkan dihinggapi lalat.

"Kami menghimbau kepada masyarakat sekitar sini agar makanannya ditutup agar terhindar dari hinggapnya lalat," jelasnya.

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, sejumlah masyarakat mengaku jika limbah yang dibuang di sekitar lokasi warga berupa cairan warna hitam pekat dengan bau menyengat kotoran manusia.(*)