Loading...

Kekayaan Alam Cicantayan Sukabumi Mulai Goa, Buah Manggis Terbaik di Dunia Hingga Festival Makan Manggis Gratis

Senin, 10 Februari 2020 - 10:52 WIB
Kekayaan Alam Cicantayan Sukabumi Mulai Goa, Buah Manggis Terbaik di Dunia Hingga Festival Makan Manggis Gratis
Kekayaan Alam Cicantayan Sukabumi Mulai Goa, Buah Manggis Terbaik di Dunia Hingga Festival Makan Manggis Gratis

TatarSukabumi.ID - Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi ditetapkan sebagai Kawasan Pedesaan Agro Pusaka Cinta.

Guna mendukung hal tersebut kita lakukan Diperlukan sinkronisasi harmonisasi dan sosialisasi guna mendukung Kecamatan Cicantayan sebagai Kawasan Pedesaan Agro Pusaka Cinta.

Hal ini diungkap Camat Cicantayan, Sendi Apriadi disela pra musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) Kecamatan Cicantayan.

Tujuan pra-musrembang ini jelas Sendi, dalam rangka pengembangan kawasan pedesaan berbasis agro wisata yang terintegrasi sesuai tema pembangunan 2021 melalui pemeliharaan infrastruktur wilayah di kabupaten Sukabumi.

"Penetapan kawasan pedesaan bukan hanya secarik kertas, tapi harus ditindaklanjuti berdasarkan usulan dengan memunculkan sebanyak mungkin kreativitas masyarakat," ungkap Sendi kepada TatarSukabumi.ID, Senin (10/2).

BACA JUGA : Heri Gunawan Sebut Bawang Putih Mahal Potensi Inflasi Tembus diangka 4 Persen

Lebih jauh menurut Sendi, seluruh desa di Kecamatan Cicantayan terintegrasi sebagai penyokong kawasan pedesaan agro wisata pusaka cinta.

Dalam kajian Pemerintah Kecamatan Cicantayan, saat ini tengah fokus pada beberapa program unggulan, diantaranya potensi alam sebagai kawasan wisata di desa Cimahi, Cijalingan, Cisande dan Desa Lembur Sawah.

"Kawasan wisata lainnya ada Bantar Karet yang tengah dirintis wisata sawah, Goa Cipereu, dan Gunung Bunder dengan Goa Nyumput. Kami juga memiliki sentra produksi bata merah, komoditas olahan bambu, dan kami merupakan kawasan penghasil manggis di Sukabumi," beber Sendi.

BACA JUGA : 320 Hektare Lahan Eks HGU Lengkap Dengan 1200 Sertifikat Tanah Dibagikan Kepada Masyarakat Warungkiara

Guna menyokong kawasan tersebut, Pemerintah Kecamatan Cicantayan melakukan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) berupa program pembinaan UKM.

"Dari target 20 pelaku usaha ternyata saat ini sudah hampir 68 pelaku usaha seperti sendal, makanan, kasur, alat olahraga dan lain-lain," jelasnya.

Produk unggulan yang diharapkan mampu menjadi icon Kecamatan Cicantayan adalah menjadi sentra penghasil buah Manggis di Sukabumi.

BACA JUGA : Manggis Sukabumi Nomor Satu di Dunia

Untuk diketahui, manggis Sukabumi tercatat sebagai manggis nomor satu di dunia yang menguasai pasar dunia terutama Tiongkok.

Sedikitnya 220 hektare lahan di Kecamatan Cicantayan menghasilkan Manggis dengan kualitas ekspor.

"Sekali panen sehari bisa mencapai sekitar 22 ton dengan kwalitas ekspor.

"Namun saat ini menurut informasi, ekspor sedikit terganggu karena adanya wabah Corona, jadi barang tidak bisa masuk kesana (China), otomatis harus ada pola pendistribusian pasar baru, dan mereka sudah bisa mengendalikan," jelas Sendi.

BACA JUGA : Makan Durian Sepuasnya Gratis Hanya Ada di Festival Buah Sukabumi 2020

Agenda kecamaan Cicantayan di akhir bulan Februari ini, akan menggelar festival buah Manggis di Desa Hegarmanah.

"Konsep festival kita akan gratiskan Manggis kepada seluruh masyarakat untuk memetik sendiri dan menikmati manggis sepuasnya, sekaligus mengkolaborasikan dengan beberapa destinasi wisata baru serta kampung budaya Engrang Cibiru.

"Terakhir pasca panen manggis kita akan tampilkan olahan dari kulit, daging, biji manggis , mudah-mudahan semua program bisa terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat Cicantayan umumnya Sukabumi," ungkap Sendi.(*)