Loading...

Inilah Pasangan Calon Bupati Sukabumi Yang Akan Bertarung di Pilkada 2020 Melalui Jalur Independen

Jumat, 24 Januari 2020 - 13:07 WIB
Inilah Pasangan Calon Bupati Sukabumi Yang Akan Bertarung di Pilkada 2020 Melalui Jalur Independen
Inilah Pasangan Calon Bupati Sukabumi Yang Akan Bertarung di Pilkada 2020 Melalui Jalur Independen

TatarSukabumi.ID - Calon Bupati / Wakil Bupati Sukabumi yang akan bertarung di Pilkada Sukabumi 2020 melalui jalur perseorangan (independen) harus mengumpulkan dukungan dari sedikitnya 118. 691 orang masyarakat yang tersebar minimal di 24 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukabumi menyatakan syarat bagi calon independen pada Pilkada Sukabumi 2020 wajib melampirkan dukungan menggunakan format B1KWK dari setiap individu pendukung disertai fotokopi KTP-el pendukung.

Hal ini merujuk pada ketentuan PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang peraturan penghitungan bagi calon perseorangan (independen) yang dihitung dengan rumus, jumlah penduduk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019 lalu, selanjutnya sesuai ketentuan jika jumlah DPT lebih dari satu juta maka harus didukung minimal 6,5 persen.

"Jumlah DPT terakhir pada Pemilu 2019 lalu jumlahnya 1.826.011, selanjutnya dikali persentase 6,5 maka jumlahnya 118.691. Dan pendukung tersebut harus tersebar di 24 kecamatan," jelas Divisi Teknis KPU Kabupaten Sukabumi, Budi Ardiansyah kepada TatarSukabumi.ID, Kamis (23/1) kemarin.

BACA JUGA : Dua Ribu Orang Dengan Gangguan Jiwa di Sukabumi, KPU : Mereka Berhak Mendapat Hak Suara di Pilkada 2020

Selanjutnya KPU Kabupaten Sukabumi akan mulai membuka penerimaan berkas kepada calon independen pada 19 dan ditutup pada 23 Februari 2020 mendatang.

Hingga Kamis (23/1) kemarin, KPU telah mencatat ada satu pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi yang telah melakukan konsultasi kepada KPU terkait calon perseorangan di Pilkada Sukabumi mendatang.

Menurut Budi, pasangan calon tersebut secara resmi belum tercatat sebagai pendaftar pasangan yang akan bertarung di Pilkada mendatang.

"Hingga hari ini sudah ada yang konsultasi untuk calon perseorangan dan sudah menyerahkan mandat operator kepada Kami (KPU). Kami terus komunikasi dan supervisi dengan mereka (calon) sebagai bentuk pelayanan terhadap calon yang akan mencoba melalui jalur perseorangan," jelas Budi.

BACA JUGA : HUT 47 PDI Perjuangan Rapatkan Barisan Merahkan Palabuhanratu Jelang Pilkada Sukabumi

Disinggung lebih jauh, nama dari pasangan bakal calon yang telah berkoordinasi dengan KPU yang akan melenggang melalui jalur independen, Budi angkat suara.

"Dari daerah Cicurug Purwasari, keduanya dari daerah Kecamatan Cicurug, Sukabumi.

"Untuk nama calon Bupatinya  adalah Usep Rahmat dan wakilnya adalah Hasanudin, itu yang sudah konsultasi ke KPU." ungkap Budi.(*)