Potensi Kerawanan Pilkada Sukabumi, Kapolres Sukabumi : Perbedaan Pilihan Politik Tidak Menjadi Konflik Horisontal

Senin, 13 Januari 2020 - 17:22 WIB
Potensi Kerawanan Pilkada Sukabumi, Kapolres Sukabumi : Perbedaan Pilihan Politik Tidak Menjadi Konflik Horisontal
Potensi Kerawanan Pilkada Sukabumi, Kapolres Sukabumi : Perbedaan Pilihan Politik Tidak Menjadi Konflik Horisontal

TatarSukabumi.ID - Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra Harahap, kumpulkan Pejabat Utama Polres Sukabumi serta seluruh Kapolsek di wilayah hukum Polres Sukabumi dalam rangka anev (analisa dan evaluasi) persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan.

Dalam anev yang dilangsungkan di Aula Mapolres Sukabumi, Nuredy sebut tahapan Pilkada dalam waktu dekat mulai bergulir sehingga diperlukan pengawalan demi kesuksesan Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020, Senin (13/01/2020).

Orang nomor satu di wilayah hukum Polres Sukabumi perintah Kabag Operasional Polres Sukabumi dan Kasat Intelkam Polres Sukabumi untuk menginventarisir secara detail setiap potensi kerawanan sekaligus membahas tindakan yang akan dilakukan Polri untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

"Saat ini memang belum terlihat ada kegiatan yang signifikan terkait Pilkada Sukabumi, namun berkaca dari sedikit gejolak pada proses perekrutan Panwascam oleh Bawaslu Kabupaten Sukabumi maka alangkah baiknya kita secara dini mempersiapkan diri baik dari personil maupun penganggaran," tegas Nuredy, Senin (13/1).

BACA JUGA : Ada 200 Ribu Suara Milenial di Pilkada Sukabumi 2020

Menurut Kapolres Sukabumi, timbulnya riak kecil harus secepatnya diantisipasi, dalam hal ini Kapolres memerintahkan jajarannya untuk lebih meningkatkan cipta kondisi diantaranya dengan kegiatan Operasi KKYD, Sambang, Binluh (bimbingan dan penyuluhan) serta kegiatan simpatik dan humanis.

"Persoalan yang kecil agar segera ditangani dan diselesaikan karena tidak ada kejadian yang besar tanpa diawali dengan persoalan yang kecil.

"Sehingga diharapkan pelaksanaan Pilkada nanti situasi benar-benar mendukung untuk pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi 2020," jelas Nuredy.

BACA JUGA : Kasus Suap Komisioner KPU, Yudi Suryadikrama : Diluar Tanggung Jawab PDI Perjuangan

Lebih jauh Nuredy memastikan jajarannya agar selalu waspada terhadap segala bentuk kejadian yang bisa menjadikan konflik horisontal.

"Perlu di waspadai pada setiap pelaksanaan pemilihan kepala daerah pasti akan terjadi polarisasi perbedaan dukungan maupun pilihan di tengah masyarakat.

"Ini harus kita kelola secara baik agar polarisasi akibat perbedaan pilihan politik tersebut tidak berubah menjadi konflik horisontal antar warga masyarakat," tegasnya.

Upaya pengamanan Pilkada ini, sambung Kapolres, dilakukan agar proses demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

"Kita akan terus membangun dan menjalin komunikasi, baik dengan Pemda, Penyelenggara Pilkada maupun unsur terkait lainnya." tandasnya.(*)