38 Kasus Ancaman Tawon Vespa Sepanjang Tahun 2019 di Sukabumi

Selasa, 03 Desember 2019 - 08:54 WIB
38 Kasus Ancaman Tawon Vespa Sepanjang Tahun 2019 di Sukabumi
38 Kasus Ancaman Tawon Vespa Sepanjang Tahun 2019 di Sukabumi
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Sepanjang tahun ini, mulai Januari hingga awal Desember 2019, Tim Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sukabumi telah menangani sedikitnya 38 kasus Tawon yang berpotensi mengancam masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Meski tidak ditemukan kasus hingga menyebabkan korban meninggal dunia akibat serangan Tawon di Sukabumi, namun ancaman serangga predator ini belakangan menjadi teror yang cukup menakutkan di sejumlah daerah.

Hal ini diutarakan Ace Fatah, Petugas Rescue Damkar wilayah Utara Kabupaten Sukabumi disela proses penanganan sarang Tawon jenis Vespa Affinis di Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat, Senin (2/12) malam kemarin.

BACA JUGA : Tewaskan Puluhan Warga Jawa Tengah, Teror Tawon Vespa Hantui Warga Cicurug Sukabumi

Lebih jauh Ace menjelaskan, Tim Rescue Damkar Kabupaten Sukabumi terbagi kedalam 4 wilayah kerja meliputi wilayah satu Cisaat, wilayah dua Cibadak, wilayah tiga Cicurug dan wilayah empat Sukaraja

"Jadi setiap wilayah kami melayani sekitar 6 hingga 7 kecamatan. Hingga tanggal 2 Desember kami telah menangani 38 sarang tawon," jelas Ace Fatah, Selasa (2/12).

Mengingat wilayah kerja yang cukup luas, sambung Ace, sejumlah laporan masyarakat terkait penanganan gangguan Tawon saat ini masih menunggu antrian.

"Untuk laporan lainnya saat ini masih menunggu antrian," jelasnya.

BACA JUGA : Sukabumi Punya Radar Santanu Pendeteksi Curah Hujan Deteksi Dini Bencana Hidrometeorologi

Untuk diketahui, sejumlah kasus serangan Tawon Vespa belakangan ini terjadi di sejumlah daerah.

Tercatat puluhan kasus sengatan Tawon Vespa hingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

Vespa Affinis tergolong Tawon beracun jenis predator dengan ciri dominan yakni warna hitam dan warna kuning keemasan pada bagian perut.

Menurut Ace, sengatan Tawon Vespa bisa menyebabkan alergi, namun bila lebih dari seekor Tawon yang menyengat, maka korban akan mengalami anafilaksis atau alergi berat, dan bila tidak cepat ditangani maka mengancam merusak organ tubuh dan mengancam jiwa.(*)