12 Pelaku Curanmor yang Kerap Beraksi di Sukabumi Dibekuk Polisi

Senin, 02 Desember 2019 - 15:08 WIB
12 Pelaku Curanmor yang Kerap Beraksi di Sukabumi Dibekuk Polisi
12 Pelaku Curanmor yang Kerap Beraksi di Sukabumi Dibekuk Polisi
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Satreskrim Polres Sukabumi Kota dalam satu bulan terakhir berhasil mengungkap 7 kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di wilayah hukum Kota Sukabumi.

Dari 7 kasus, Polres Sukabumi Kota berhasil mengamankan 12 orang pelaku dengan barang bukti 18 unit kendaraan roda dua yang rata-rata jenis matic.

"Kita mengamankan 12 orang tersangka berikut penadah. Mereka melakukan aksi menggunakan kunci letter T, rata rata yang diambil (motor) di halaman rumah," ungkap Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo, dalam press release yang digelar di Mapolres Sukabumi, Senin (2/12/2019).

BACA JUGA : Kronologi Tewasnya 3 Pria di Sumur Maut Beracun Cibadak Sukabumi

Lebih jauh Kapolres Sukabumi Kota menjelaskan, dalam melancarkan aksinya menggunakan kunci T untuk merusak kunci dan melarikan motor jarahannya.

Bahkan sejumlah pelaku tidak segan-segan melukai korbannya (pencurian dengan kekerasan/curas).

"Pelaku ada yang melakukan curas, beberapa tersangka merupakan residivis, dari 12 tersangka, 4 orang adalah penadah," ujar Wisnu.

BACA JUGA : Bikin Nangis! Sukabumi Pecahkan Rekor Dunia Basuh Kaki Ibu

Ke-8 Pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) terancam dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

Sementara ke-4 pelaku penadah terancam dijerat pasal 480 KUHP dangan ancaman 4 tahun penjara.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Sukabumi Kota menyerahkan secara simbolis 1 unit kendaraan kembali kepada pemilik aslinya.

"Saya berjualan mie ayam didepan ramayana, motor dicuri sekitar jam 9 malam di Cisaat, alhamdulilah motor bisa kembali," ujar Andriatno.(*)