Layanan Keliling Akta Kelahiran dan e-KTP Program Duet KNPI Gunungguruh dan Disdukcapil Kabupaten Sukabumi

Sabtu, 30 November 2019 - 22:25 WIB
Layanan Keliling Akta Kelahiran dan e-KTP Program Duet KNPI Gunungguruh dan Disdukcapil Kabupaten Sukabumi
Layanan Keliling Akta Kelahiran dan e-KTP Program Duet KNPI Gunungguruh dan Disdukcapil Kabupaten Sukabumi
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Gunungguruh bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kabupaten Sukabumi memberikan pelayanan keliling (mepeling) kependudukan kepada warga masyarakat Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi.

Program layanan jemput bola ini dilaksanakan bukan di kantor Disdukcapil melainkan di lingkungan sekitar warga setempat, Sabtu (30/11/2019).

Ditemui disela kegiatan Sayyid Agil, Ketua KNPI Kecamatan Gunungguruh mengatakan program kerja KNPI bersama Disdukcapil ini dilakukan dalam rangka membantu masyarakat dan pemerintah menjawab keluhan masyarakat terkait pengurusan administrasi kependudukan Akta kelahiran dan perekaman KTP elektronik.

BACA JUGA : Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Raih Prestasi Dinas Terbaik Dalam Inovasi dan Pelayanan Publik Tingkat Kabupaten dan Provinsi Jawa Barat

Dalam program Mepeling ini, sedikitnya 250 warga di dua dusun Kampung Sindangkerta dan Padaraan mendapat layanan tanpa harus ke Kantor Disdukcapil.

"Kami simpulkan kenapa masih ada warga yang enggan mengurus adminduk, karena mereka mengeluh mengeluarkan biaya untuk ongkos," ungkap Sayyid Agil, Sabtu (30/11).

Lebih jauh Ketua KNPI Gunungguruh menjelaskan, program ini sejalan dengan visi misi KNPI untuk turut berperan aktif mendorong program kemasyarakatan dan melaksanakan fungsi kontrol sosial sebagai mitra pemerintahan serta masyarakat.

BACA JUGA : Rekruitmen Panwascam Bawaslu Kabupaten Sukabumi Pecahkan Rekor Pelamar Terbesar di Indonesia

Kegiatan Mepeling ini, nantinya diharapkan bisa menjadi agenda rutin KNPI Gunungguruh untuk ikut serta membantu masyarakat se-Kecamatan Gunungguruh agar tertib adminduk.

"Masih banyak warga yang belum miliki akta kelahiran maupun e-KTP. KNPI akan terus berkoordinasi dengan seluruh Desa di kecamatan Gunungguruh dan pihak dinas terkait (disdukcapil) untuk bisa berikan hak pelayanan adminduk kepada seluruh masyarakat," ungkapnya.(*)