Loading...

Respon Cepat Polsek Cikembar Ungkap Kasus Dugaan Calo Tenagakerja di Sukabumi

Kamis, 28 November 2019 - 17:08 WIB
Respon Cepat Polsek Cikembar Ungkap Kasus Dugaan Calo Tenagakerja di Sukabumi
Respon Cepat Polsek Cikembar Ungkap Kasus Dugaan Calo Tenagakerja di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Respon cepat dilakukan Jajaran Kepolisian Sektor Cikembar, Polres Sukabumi, dalam mengungkap kasus dugaan penipuan dengan modus operandi 'calo tenaga kerja'.

Kapolsek Cikembar, AKP I Djubaedi mengatakan saat ini Pihaknya telah berhasil mengamankan salah seorang pria berinisial O atas kasus ini, Kamis (28/11/2019).

Awal terungkapnya kasus ini, terang Kapolsek Cikembar, berawal dari berita yang sempat viral di media sosial Facebook terkait kasus dugaan penipuan atau penggelapan dengan modus iming-iming bisa memasukan kerja di salah satu perusahaan dengan syarat meminta sejumlah uang agar bisa diterima kerja.

BACA JUGA : Fakta! Perangi Rentenir dan Bank Keliling BUMDes di Cibadak Kasih Pinjam Uang Dengan Aset 1,6 Milyar

Informasi terhimpun, berita yang sempat viral di facebook menyatakan telah terjadi dugaan tindak penipuan berkedok calo tenaga kerja yang mengakibatkan korban dirugikan secara materi sebesar 10 juta rupiah.

"Kita respon terhadap perkembangan yang terjadi di medsos, kita menghubungi yang bersangkutan (korban) lalu kami konfirmasi dan klarifikasi kepada korban terkait kebenaran berita (di facebook).

"Ketika kita klarifikasi (kepada korban)  ternyata benar, lalu kita tawarkan apakah korban mau membuat laporan kepolisian, dan dengan antusias yang bersangkutan langsung membuat laporan," jelas I Djubaedi, Kamis (28/11).

BACA JUGA : Laporan Dugaan Penyelewengan Anggaran Dana Desa, Kejari Sukabumi : Kita Akan Pelajari

Disinggung awak media apakah akan ada Korban lain maupun terduga Pelaku lain yang terlibat dalam kasus ini, Kapolsek Cikembar menjelaskan Pihaknya saat ini masih mendalami kasus ini dengan mengumpulkan bukti maupun keterangan dari saksi saksi.

"Sesuai laporan baru satu orang yang kita amankan dengan inisial O, sekarang masih kita amankan dan masih kita periksa"

"Kami masih perlu waktu untuk mengungkap kasus ini, karena orangnya (terduga) sedikit tertutup dan membela diri. Barang bukti berupa bukti transfer dari pelapor senilai 10 juta rupiah," jelas Djubaedi.

BACA JUGA : Dari 73,9 Milyar KPU Minta Tambah Anggaran Pilkada Sukabumi 24,7 Milyar DPRD Khawatir Ada Efek Terhadap Anggaran Pembangunan Kabupaten Sukabumi

Lebih jauh, Kapolsek Cikembar menghimbau kepada masyarakat Sukabumi untuk segera melapor apabila ada yang merasa tertipu.

"Ini sangat merugikan masyarakat, bukan hanya di wilayah Cikembar, bahkan mungkin warga Kota dan Kabupaten Sukabumi.

"Saya berharap apabila ada korban lain, yang merasa tertipu atau merasa dirugikan segera datang ke Polsek Cikembar untuk membuat laporan," tandasnya.(*)