Marwan Hamami Boyong 5 Penghargaan, Ridwan Kamil Instruksikan Pengembangan SDM Hingga Kualitas Pembangunan Insfrastruktur

Selasa, 19 November 2019 - 19:14 WIB
Marwan Hamami Boyong 5 Penghargaan, Ridwan Kamil Instruksikan Pengembangan SDM Hingga Kualitas Pembangunan Insfrastruktur
Marwan Hamami Boyong 5 Penghargaan, Ridwan Kamil Instruksikan Pengembangan SDM Hingga Kualitas Pembangunan Insfrastruktur
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Pemerintah Provinsi Jawa barat memberikan penghargaan kepada penyelenggara pemerintah daerah se-provinsi Jabar yang dilaksanakan di Ballroom Hilton Bandung, Selasa (19/11/2019).

Dalam kegiatan ini, 4 rangkaian acara dipadukan, meliputi penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (Dipa) daftar alokasi transfer daerah dan Dana Desa dari APBN tahun 2020 serta penyerahan penghargaan atas opini wajar tanpa pengecualian (WTP) tahun 2018 kepada pemerintah daerah di wilayah provinsi Jawa barat.

Kegiatan lainnya adalah penyerahan penghargaan kepada perangkat daerah pemrakarsa kerjasama daerah, tim koordinasi kerjasama daerah kabupaten dan tim koordinasi kerjasama daerah kota terbaik tingkat provinsi Jawa barat tahun 2019, dan agenda terakhir adalah pemberian penghargaan atas status kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten/Kota tahun 2017 ditingkat provinsi Jawa barat.

BACA JUGA : 4 Fakta Helikopter Buatan Sukabumi Setelah Diteliti Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN

Dikesempatan tersebut, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, memboyong sekaligus 5 penghargaan yakni, penghargaan atas predikat opini WTP terbaik selama lima kali berturut turut dari Kementrian Keuangan, Juara II kategori Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD), Penghargaan dari Gubernur Jawa barat Sebagai pemerintah kabupaten berkinerja terbaik III, dan Peringkat III kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah Tingkat kabupaten berdasarkan laporan penyelenggaran laporan LPPD, dan penghargaan daftar alokasi transfer dana transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2020.

Kelima penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ridwan Kamil, tidak hanya itu, Gubernur Jawa Barat memberikan kesempatan soft cost bagi para pemenang untuk mengikuti pelatihan peningkatan kemapuan aparatur  di Korea, Singapura dan Amerika.

"Tentunya 5 penghargaan ini menjadi supporting lanjutan bagi pemerintah  Sukabumi. Kesempatan soft cost di Korea maupun di Singapura atau nanti ke Amerika yang diberikan Gubernur harus kita manfaatkan, karena ini untuk menguatkan sumber daya manusia dan pemerintahan Sukabumi," ungkap Marwan Hamami, Selasa (19/11).

BACA JUGA : Dishub Jabar Siap Pasang Roller Barrier di Lokasi Rawan, Ridwan Kamil : Netizen +62 Jangan Dipakai Selfie dan Garuk Punggung

Sementara itu, Ridwan Kamil menyampaikan instruksi Presiden bahwa pembangunan merujuk kepada 3 rumus negara baru yakni fokus pada pengembangan sumber daya manusia, pendidikan kesehatan dan daya beli.

Lebih jauh RK mengatakan, diperlukan reformasi birokrasi, dimana kegiatan rutin birokrasi tidak lagi diperlukan namun lebih mengutamakan pengembangan inovasi, sumberdaya dan potensi.

Hal lainnya RK menegaskan, kualitas infrastruktur menjadi langkah penting dimana ukuran prestasi tidak hanya terpaku pada penyerapan anggaran namun lebih kepada kualitas pekerjaan.

"Jangan bangga penyerapan anggaran 90 persen tapi kualitasnya di bawah, tolong jangan asal belanja tapi tidak berkualitas," tegas Ridwan Kamil.(*)