30 Desa di Sukabumi Dapat Bantuan Keuangan Tambahan 100 Juta dari Pemprov Jabar

Senin, 18 November 2019 - 10:49 WIB
30 Desa di Sukabumi Dapat Bantuan Keuangan Tambahan 100 Juta dari Pemprov Jabar
30 Desa di Sukabumi Dapat Bantuan Keuangan Tambahan 100 Juta dari Pemprov Jabar
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Di tahun 2019 ini, sedikitnya 30 Desa di Kabupaten Sukabumi mendapat bantuan keuangan (bankeu) tambahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat senilai 100 juta rupiah.

Bankeu ini diberikan kepada Desa yang berprestasi dalam Indeks Desa Membangun (IDM).

Anggaran ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai penguatan akses permodalan dan sinkronisasi penanggulangan kemiskinan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

BACA JUGA : Marwan Hamami : Tahun 2020 ADD Terkonsentrasi Pada Pemberdayaan SDM Kaum Milenial

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, menegaskan seluruh Desa penerima bantuan tambahan ini agar bisa memanfaatkan anggaran sesuai peruntukannya.

"Bantuan keuangan sudah turun, manfaatkan sesuai dengan ketentuan ajuan proposal, dan dapat dipertanggung jawabkan sebagaimana layaknya sebuah lembaga pemerintahan,"

"Jadi bagi Bumdes harus laksanakan tata kelola keuangan sesuai prinsip transparansi, akuntabel, efektif dan efesien," tegas Iyos Somantri kepada TatarSukabumi.ID belum lama ini.

BACA JUGA : Dishub Jabar Siap Pasang Roller Barrier di Lokasi Rawan, Ridwan Kamil : Netizen +62 Jangan Dipakai Selfie dan Garuk Punggung

Sekda berharap, Desa maupun Bumdes yang belum berkesempatan mendapat bantuan akan diupayakan mendapat bantuan serupa di tahun 2020.

"Mudah mudahan kebijakan provinsi seiring dengan keinginan yang kita harapkan. Mudah mudahan bantuan dapat digunakan sebaik baiknya dan dapat dipertanggung jawabkan," tandasnya.(*)