Kerjasama Bilateral Indonesia Jepang, Geopark Ciletuh Jawa Barat MoU dengan Izu Peninsula Geopark Shizuoka

Kamis, 07 November 2019 - 08:10 WIB
Kerjasama Bilateral Indonesia Jepang, Geopark Ciletuh Jawa Barat MoU dengan Izu Peninsula Geopark Shizuoka
Kerjasama Bilateral Indonesia Jepang, Geopark Ciletuh Jawa Barat MoU dengan Izu Peninsula Geopark Shizuoka
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - President of Izu Peninsula Geopark (IPUGGp) Promotion Council Kikuchi bersama Ketua Badan Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) Iyos Somantri menandatangani nota kesepahaman (Mou) sebagai bentuk kerjasama dalam pengembangan Geopark di kedua negara.

Penandatanganan nota kerjasama antara kedua pengelola Geopark ini dilakukan di Main Building Shizuoka Perfecture Jepang pada Rabu (6/11) disaksikan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur Shizuoka Heita Kawahatsu, dan Walikota Shimoda City selaku Vice President of Izu  Peninsula Geopark Promotion Council.

Nota kerjasama ini akan terjalin selama 5 tahun ke depan dan dapat di perpanjang melalui usulan dari kedua perwakilan.

BACA JUGA : Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disela kegiatan menyampaikan dukungan atas terjalinnya kerjasama kedua belah pihak mengingat Pemprop Jabar telah melakukan Pembentukan Provinsi- dan Prefektur bersaudara, antara Pemprov Jawa Barat dengan Pemerintah Prefektur Shizuoka, Jepang.

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, menyampaikan apresiasi atas dukungan dari kedua gubernur yang telah mewujudkan kerjasama kedua Geopark.

"Selanjutnya akan ditindaklanjuti pada tataran operasionalnya (Geopark),mudah mudahan kerjasama ini nantinya akan memberikan kemajuan yang signifikan bagi kedua Geopark yang tidak saja sebagai daerah tujuan wisata, konservasi dan pemberdayaan, tetapi juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya memelihara taman bumi sebagai warisan geologi," beber Marwan Hamami, Rabu (6/11).

BACA JUGA : Pantai Karang Bolong Sukabumi, Pemandangan Indah Bak di Film Lord of The Ring

Lebih jauh Marwan mengatakan, kerjasama ini merupakan penguatan promosi dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus peluang untuk bisa melakukan ekspor produk hasil pertanian dan perikanan di wilayah pemberdayaan Geopark.

Ditempat yang sama, Iyos Somantri mengatakan, setelah MoU kedua belah pihak akan segera melakukan implementing agreement (Perjanjian Kerjasama) di bidang ekonomi, budaya, lingkungan hidup serta pemberdayaan.

Beberapa poin penting, tambah Iyos, perjanjian yang nantinya akan dituangkan tidak hanya di bidang promosi, dan pendidikan namun lebih jauh kedua pihak akan berbagi pengetahuan dalam praktik memperkuat inisiatif bersama dalam setiap kegiatan pameran Geopark, museum bersama atau pusat pengunjung.

"Sekaligus mendukung inisiatif sekolah wilayah geopark untuk pembelajaran berbasis internet dan saling mempromosikan." beber Iyos.(*)