Bimtek Indikator Kinerja Kunci LPPD Kabupaten Sukabumi 2019

Rabu, 06 November 2019 - 14:31 WIB
Bimtek Indikator Kinerja Kunci LPPD Kabupaten Sukabumi 2019
Bimtek Indikator Kinerja Kunci LPPD Kabupaten Sukabumi 2019
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Sukabumi menggelar bimbingan teknis (bimtek) tata cara pengisian Indikator Kinerja Kunci ( IKK) Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2019, Rabu (6/11/2019).

Bimtek IKK Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2019 ini diikuti 121 peserta yang terdiri dari Kasubag Program dari Perangkat Daerah serta Kasubag Perencanaan dan Keuangan tingkat Kecamatan se-kabupaten Sukabumi selama dua hari hingga kamis (7 /11) besok.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, menyampaikan, maksud tujuan bimtek ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam memanfaatkan hak yang diperoleh dengan capaian keluaran dan hasil yang telah direncanakan, ungkap Adjo Sardjono dalam pembukaan bimtek.

Ditempat yang sama, Kabag Tapem Setda Kabupaten Sukabumi, Gungun Gunardi menambahkan, kegiatan sebagai penguatan materi LPPD yang terdiri dari penguatan indikator makro pembangunan (PIMP), Indikator kinerja kunci urusan wajib dan pilihan (IKKUWP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), laporan akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah dan Inovasi Daerah.

Untuk materi Standar Pelayanan Minimal  (SPM) materi disajikan oleh Kementerian dalam negeri (Kemendagri).

"Karena selain hal baru, SPM merupakan amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta mempedomani dua Peraturan Pemerintah yakni PP nomor 2 tahun 2018 tentang SPM dan PP 13 tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Pemerintahan Daerah," beber Gugun.

Hadir pada kesempatan tersebut  Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda, Kasubdit EPPD (evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah) Wilayah II  Ditjen Otda Kemendagri Agusteno.