Tambang Semen di Sukabumi Disoal, Warga Demo DPRD Minta Stop Blasting

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:10 WIB
Tambang Semen di Sukabumi Disoal, Warga Demo DPRD Minta Stop Blasting
Tambang Semen di Sukabumi Disoal, Warga Demo DPRD Minta Stop Blasting
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Polemik pertambangan dengan sistem peledakan atau Blasting yang dilakukan PT Tambang Semen Sukabumi (TSS) kembali menuai protes warga.

Sejumlah warga Kampung Leuwidinding, Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang tergabung dalam Forum Warga Terdampak Blasting (FWTB) menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi di Jalan Jajaway Palabuhanratu, Senin (14/10/2019).

FWTB protes atas aktivitas tambang yang dilakukan PT TSS yang belakang ini dinilai cukup meresahkan masyarakat yang tinggal tidak jauh dari lokasi tambang.

BACA JUGA : DPRD Kabupaten Sukabumi : Intinya Warga Terdampak Pergerakan Tanah Terselamatkan

Manager Advokasi dan Kampanye Walhi Jabar, Wahyudin Iwang yang turut serta bersama FWTB menyatakan, hal yang paling mendasari warga untuk datang ke Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi mengingat aktivitas blasting yang dilakukan perusahaan berdampak langsung ke warga sekitar.

"Akibat blasting tersebut banyak sekali masyarakat di sekitar lokasi kegiatan yang terdampak sakit, ada yang pingsan, (dan) terganggu pikiran maupun kenyamanannya," kata Wahyudin saat ditemui awak mesia di halaman Gedung DPRD Palabuhanratu, Senin (14/10).

Masih kata Dia, aktivitas blasting seharusnya mengacu pada peraturan yang ada dan tidak seenaknya melakukan peledakan  di wilayah dekat pemukim masyarakat.

Halaman Selanjutnya >>>>