Tidak Ada Soal Uji Kompetensi dan Balon Kades Titipan di Pilkades Kabupaten Sukabumi 2019

Minggu, 13 Oktober 2019 - 19:48 WIB
Tidak Ada Soal Uji Kompetensi dan Balon Kades Titipan di Pilkades Kabupaten Sukabumi 2019
Tidak Ada Soal Uji Kompetensi dan Balon Kades Titipan di Pilkades Kabupaten Sukabumi 2019
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Uji kompetensi akademis tertulis Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak  dilakukan 240 Desa se-kabupaten Sukabumi, Minggu (13/10/2019).

Tahapan yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi dibagi kedalam 4 zona yakni di Kampus STISIP Widya Puri Cisaat, Kampus UMMI Kota Sukabumi, MAN Palabuhanratu dan SMAN Sagaranten.

Jumlah peserta uji kompetensi tertulis Pilkades 2019 se-Kabupaten Sukabumi diikuti oelh 1229 Balon, dari jumlah keseluruhan pendaftar sebanyak 1240 Balon Kades.

11 Balon Kades tidak bisa mengikuti ujikom dan dinyatakan gugur karena tidqk memenuhi sejumlah persyaratan administrasi yang telah ditetapkan.

BACA JUGA : Test Bakal Calon Kades Sukabumi, DPMD Pastikan Tidak Ada Calon Titipan

Ditemui di MAN Palabuhanratu, salah satu
peserta uji kompetensi Bakal calon Kepala Desa (Balon Kades) dari Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Aang Heriana mengatakan tidak mengalami kesulitan berarti dalam menjalani test tertulis tersebut.

Mantan Kades Incumbent yang akrab disapa Jaro Anom ini menjelaskan jika materi test tertulis berisi 100 pertanyaan multiple choice yang terdiri dari materi Pancasila, Perundang-undangan Desa, Narkoba dan tentang agraria.

Sempat disinggung terkait isu peserta titipan dan bahan uji kompetensi yang bocor, Aang menegaskan hal tersebut tidak benar.

"Menurut saya semua isu bocornya soal test itu tidak benar dan tidak ada,"

"Saya berharap dalam uji kompetensi ini jangan ada istilah titipan atau pesanan seseorang untuk melancarkan proses tahapan pilkades agar bisa lulus seleksi,"

"Saya yakin panitia pilkades tingkat kabupaten atau desa profesional dan menjunjung tinggi netralitas," beber Aang.