Syarat dan Ketentuan Pejabat ASN Ikuti Diklatpim

Selasa, 08 Oktober 2019 - 11:49 WIB
Syarat dan Ketentuan Pejabat ASN Ikuti Diklatpim
Syarat dan Ketentuan Pejabat ASN Ikuti Diklatpim
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) pada BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Sukabumi, Nuryamin, membeberkan syarat bagi ASN yang mengikuti
Diklatpim (Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan) III Angkatan VI dan VII Pemkab Sukabumi.

"Syarat Dikpim III yaitu pertama yang sudah duduk belum didik, kemudian yang masih duduk di eselon 4A tetapi sudah mengikuti dan lulus seleksi pim III, jadi belum tentu di semua perangkat daerah (OPD) ada," kata Nuryamin.

Disinggung mengenai 14 Peserta dengan predikat memuaskan hasil kelulusan dari jumlah total tujuh puluh peserta, dengan rekapitulasi nilai tertinggi yaitu 93,60-94, Nuryamin jelaskan, untuk Kriteria penilaian sesuai Perka LAN nomor 19 tahun 2015 berdasarkan indikator bobot 40% dari rancangan proyek perubahan (RPP) 60% dari proyek perubahan (PP).

"Nantinya 5 peserta terbaik dari masing-masing angkatan akan diusulkan mengikuti gelar inovasi di tingkat provinsi atau nasional, mendapat referensi dan di usulkan sebagai pegawai berprestasi dalam hal inovasi," jelas Nuryamin.

BACA JUGA : Kasus Inses Perkosaan dan Pembunuhan di Sukabumi Exstra Ordinary Crime

Menurut Nuryamin, secara teknis pelaksanaan Dikpim III merupakan kewenangan BPSDM Provinsi Jawa barat , sementara BKPSDM kabupaten Sukabumi hanya sebagai fasilitator kegiatan.

Disinggung awak media terkait hasil Diklatpim III Angkatan VI dan VII dari tujuh puluh peserta dengan capaian penilayan tertinggi, Nuryamin menyatakan belum menerima data secara konkrit.

"Terkait hasil formalnya masih menunggu penetapan dari BPSDM provinsi dan sertifikatnya pun belum. Kemarin angkanya sudah disampaikan dalam laporan kegiatan, sudah ada angka tertinggi, rata-rata dan terendah," jelasnya.

BACA JUGA : Pasca Ledakan dan Getaran Tambang Semen Metode Blasting Warga Leuwidinding Sukabumi Terkapar Dilarikan ke RS Bunut

Lebih jauh Nuryamin membeberkan, dalam Perka-LAN (peraturan kepala lembaga administrasi negara) yang mengatur masalah Diklatpim, tidak perlu dilakukan perengkingan (peserta terbaik).

"Dikpim III tidak ada aturan yang mengharuskan penetapan lima terbaik tapi tetap dari kriteria penilaian kualifikasi diurut berdasarkan hasil kriteria, sesuai
kriteria Perka LAN no 19 tahun 2015,"

"Terkecuali berdasarkan Perka LAN nomor 12 tahun 2018  tentang Latihan dasar (latsar) wajib ditetapkan 5 terbaik yang nantinya akan mendapatkan sertifikat dari kepala lembaga penyelenggara Diklat," beber Nuryamin.(*)



Close Ads X