Pemkab Sukabumi Melalui DPMD Entaskan Stunting Hingga Tingkat Desa

Senin, 07 Oktober 2019 - 20:25 WIB
Pemkab Sukabumi Melalui DPMD Entaskan Stunting Hingga Tingkat Desa
Pemkab Sukabumi Melalui DPMD Entaskan Stunting Hingga Tingkat Desa
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi menggelar pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (PSDM) melalui program prioritas nasional pencegahan stunting (giji buruk) di tingkat Desa se-Kabupaten Sukabumi, Senin (7/10/2019).

Nandang Eka Nugraha, Sekretaris DPMD Kabupaten Sukabumi di sela kegiatan mengatakan, PSDM kali ini merupakan kegiatan ke-2 untuk wilayah zona 5 Kabupaten Sukabumi.

Masih kata Nandang, setiap Desa mengirimkan peserta yang diambil dari satu orang pendamping desa, unsur kecamatan, sekretaris desa, kader pembangunan desa, TPID (Tim Pelaksana Inovasi Desa).

BACA JUGA : Kasus Inses Perkosaan dan Pembunuhan di Sukabumi Exstra Ordinary Crime

Nandang membeberkan, dasar kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari surat keputusan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi nomor 04 tahun 2019 tentang perubahan atas keputusan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi nomor 48 tahun 2018, tentang pedoman umum program inovasi desa tahun 2019, disebutkan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan hal penting khususnya dalam investasi di bidang pendidikan dan kesehatan dasar.

"Diagendakan 0elaksanaan kegiatan PSDM se-kabupaten dibagi menjadi lima wilayah. Penanganan program stunting merupakan program penting serta memerlukan fokus bersama seluruh unsur dalam penanganannya," tegas Nandang, Senin (7/10).

Nandang berharap, hasil sosialisasi dari berbagai nara sumber mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan tenaga ahli ini bisa sampai kepada masyarakat agar mereka lebih paham dan mengerti akan stunting.

BACA JUGA : Pasca Ledakan dan Getaran Tambang Semen Metode Blasting Warga Leuwidinding Sukabumi Terkapar Dilarikan ke RS Bunut

Prevalensasi stunting di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2019 tercatat sedikitnya 10 desa  yang menjadi prioritas lokus penanganan dan penekanan angka stunting.

"untuk itu akan kita upayakan bersama agar jumlahnya bisa lebih ditekan," pungkasnya.

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, peserta pelatihan PSDM zona 5 ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari hingga Selasa (8/10) besok.

Untuk zona 5, diikuti oleh sebelas Kecamatan meliputi, Sukalarang, Sukaraja, Gegerbitung, Cireunghas, Kebonpedes, Sukabumi, Cisaat, Gunungguruh, Kadudampit, Cicantayan dan Caringin.(*)



Close Ads X