Musim Kemarau Panen Jambu Kristal Sukabumi Anjlok

Sabtu, 28 September 2019 - 15:35 WIB
Musim Kemarau Panen Jambu Kristal Sukabumi Anjlok
Musim Kemarau Panen Jambu Kristal Sukabumi Anjlok

TatarSukabumi.ID - Buah Jambu Batu jenis Kristal jadi primadona di Sukabumi.

Jambu Kristal konon merupakan Jambu asal Negara Taiwan yang di kembangkan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang cukup digandrungi meski harganya cukup tinggi hingga tiga kali lipat lebih mahal dari jenis jambu biasa.

Keunggulan Jambu Kristal diantaranya jambu ini hanya memiliki sedikit biji, bahkan nyaris tanpa biji dengan rasa yang lebih manis dibanding Jambu jenis lain.

BACA JUGA : Mahasiswa Gugur Dalam Aksi Demo Sukabumi Shalat Ghaib

"Jambu kristal juga mempunyai banyak khasiat, bisa mengobati diare, melancarkan BAB, mengobati flu, batuk, menjaga kesehatan kulit dan banyak khasiat lainya karena mengandung zat anti oksidan," ujar M Diaz, salah seorang pedagang Jambu Kristal di Sukabumi.

Diaz mengatakan, dalam satu hari, permintaan jambu kristal mencapai 200 kilogram mulai dari konsumen langsung maupun untuk di jual kembali (pengedar).

Untuk harga, Jambu Kristal memiliki nilai jual mencapai 25 ribu rupiah sementara jenis jambu lain berkisar 8 ribu rupiah per kilogram (harga per tanggal 28/9/2019).

"harganya cukup tinggi, tapi mereka (pembeli) tahu barang berkualitas terbaik," ungkapnya.

Untuk musim kemarau ini, jumlah pasokan Jambu Kristal menurun, Diaz mengaku cukup kewalahan memenuhi orderan permintaan pasar.

Menurutnya, hasil panen Jambu di musim kemarau ini anjlok hingga mencapai 30 persen di banding musim penghujan.

"Dampak kemarau hasil panen dari kebun tidak maksimal, normalnya bisa mengahasilkan 5 ton setiap kali panen, namun kali ini hasil panen menyusut hingga 30 persen. Jadi untuk saat ini stok kita terbatas," beber Diaz. (*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI