Akibat Tambang Semen Gunakan Sistem Peledakan, Rumah Warga Rusak, Warga Minta Ganti Rugi

Rabu, 18 Juli 2018 - 00:00 WIB

Akibat Tambang Semen Gunakan Sistem Peledakan, Rumah Warga Rusak, Warga Minta Ganti Rugi
Akibat Tambang Semen Gunakan Sistem Peledakan, Rumah Warga Rusak, Warga Minta Ganti Rugi
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Ratusan warga dari 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Jampang Tengah, Cikembar dan Kecamatan Nyalindung menggelar aksi unjuk rasa ke PT Tambang Semen Sukabumi (PT. TSS) mitra PT Semen Jawa SCG yang berada di Kampung Tanjungsari Desa Tanjung Sari Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat, Senin [2/7/2018].

Warga melakukan tuntutan kepada Pihak Perusahaan untuk melakukan pemberhentian kegiatan tambang yang dilakukan dengan sistem blasting (penambangan dengan menggunakan bahan peledak).

Tuntutan lainnya, Warga mendesak Perusahaan untuk melakukan ganti rugi kerusakan rumah tinggal penduduk yang diduga terjadi akibat dampak dari getaran yang terjadi dengan sistem blasting.

BACA JUGA : Gegara Ini, Warga Tolak Sistem Peledakan Gunung Guha Sukabumi

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, Massa pengunjuk rasa diterima Indra Laksono selaku Managamen PT Siam Cement Group (SCG) dan Mr Natapong Dir PT SCG Indonesia.


Data yang berhasil dihimpun TatarSukabumi.ID, hasil mediasi yang dilaksanakan, PT Tambang Semen Sukabumi akan membentuk tim kajian dan evaluasi yang melibatkan Muspika dari 3 Kecamatan tentang dampak kerusakan akibat aktivitas blasting dengan menggunakan bahan peledak.

BACA JUGA : Pemda Kabupaten Sukabumi Seolah Abaikan Keputusan Mahkamah Konstitusi Terkait PT SCG

Selanjutnya, kesepakatan dari mediasi kegiatan blasting untuk sementara waktu akan dihentikan menunggu hasil evaluasi yang akan dilaksanakan oleh pihak pihak terkait.

Nampak hadir dalam mediasi, Perwakilan warga Masyarakat, Danramil Jampang Tengah dan Nyalindung, Kapolsek Jampang Tengah, Kapolsek Gunung Guruh dan Kapolsek Nyalindung serta Kepala desa Tanjungsari.(*)

Reporter : Isep Panji / Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X