Warga Gusar, Sungai Cimahi - Cibadak Coklat Pekat Diduga Akibat Limbah

Jumat, 03 Agustus 2018 - 00:00 WIB

Warga Gusar, Sungai Cimahi - Cibadak Coklat Pekat Diduga Akibat Limbah
Warga Gusar, Sungai Cimahi - Cibadak Coklat Pekat Diduga Akibat Limbah

TatarSukabumi.ID - Masyarakat sekitar, bantaran Sungai Cimahi Desa Karang Tengah, Cibadak mulai marasakan dampak kekeringan dimusim kemarau saat ini, hal itu mengakibatkan warga kembali menggunakan Sungai Cimahi untuk melakukan beberapa aktifitas kebutuhan akan air bersih.

Namun sayang, Kondisi air Sungai Cimahi saat ini nampak kotor berwarna kecoklatan diduga akibat tercemar oleh beberapa perusahaan yang membuang langsung limbah kedalam Sungai Cimahi.

BACA JUGA : Tidak Hanya Jual Miras, Warung Nakal di Cibadak Sediakan Jasa Layanan Wanita

Mumuh Mulyadi warga sekitar bantaran Sungai Cimahi kepada TatarSukabumi.ID, mengaku "Masyarakat Sekarwangi dan Masyarakat Kemandoran dimusim kemarau pada menggunakan air Sungai untuk nyuci, mandi dan sebagainya, sekarang ada perusahaan yang buang limbah kesungai, lihat airnya keruh," ujar Mumuh, Rabu [1/8/2018].

Menurut Mumuh, warna Coklat pekat air Sungai Cimahi telah terjadi sejak setahun terakhir, namun warga mengaku tidak menggubris saat air di Sumur warga masih mencukupi, "Saat musim kemarau warga manfaatkan air Sungai, karena Sumur kering, baru terasa Sungai penuh limbah," sesal Mumuh.

BACA JUGA : Berapa Biaya Pembangunan Bandara di Cikembar - Sukabumi, Ini Penjelasannya

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Karang Tengah Cibadak Gerry Imam Nugroho membenarkan adanya pembuangan limbah ke Sungai Cimahi, "betul limbah dibuang langsung kesungai, dan tidak hanya kali ini ada laporan warga kepada Kami, tapi keterbatasan kewenangan dari pihak kami juga membatasi untuk melakukan penindakan," ujar Gerry.

Pemdes Desa Karang Tengah secara lisan telah melaporkan adanya permasalahan pembuangan limbah ke Sungai Cimahi ketingkat Kecamatan, " kalau laporan secara lisan saya sudah beritahukan keatasan yaitu ke pak camat," ujar Gerry.

BACA JUGA : 6 Pasangan Kedapatan Didalam Kamar Hotel Terjaring Razia Pekat di Sukabumi

Sementara itu, hal senada diungkapkan Camat Cibadak Heri Soekarno yang membenarkan adanya laporan warga terkait dugaan pembuangan limbah di Sungai Cimahi.

Kepada TatarSukabumi.ID, Camat Cibadak mengaku telah melaporkan permasalahan tersebut serta melakukan koordinasi dengan pihak Kabupaten, menurut Heri Soekarno, nantinya akan dibentuk tim untuk melakukan evaluasi terkait permasalahan limbah di Sungai Cimahi.

"Kalau itu kemudian terbukti (adanya pembuangan limbah ke sungai Cimahi), sesuai dengan aturan normatif yang ada, akan kemudian nanti sanksi yang diberikan itu sanksi administratif dan kalau masih kemudian sanksi administratif tidak bisa dilakukan, insyaallah nantinya sanksinya akan adanya penutupan yang dilakukan oleh tingkat kabupaten," tandasnya.(*)

Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI